Lihat ke Halaman Asli

Imam Setiawan

Praktisi dan Konsultan Anak berkebutuhan Khusus

Lingkaran Harapan: Menyentuh Hati, Mengubah Dunia dan Pendidikan Inklusi

Diperbarui: 20 November 2024   11:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

milik pribadi

milik pribadi

Lingkaran Harapan: Menyentuh Hati, Mengubah Dunia Pendidikan Inklusi

Pendidikan adalah hak setiap anak, tanpa terkecuali. Namun, bagi banyak anak berkebutuhan khusus di Indonesia, pendidikan sering kali menjadi ladang perjuangan yang penuh tantangan. Di ruang-ruang kelas, mereka sering dilihat sebagai masalah, bukan potensi. Di sistem yang berorientasi pada hasil akhir, mereka sering kehilangan tempat untuk bersinar. Namun, ini bukan cerita tentang kegagalan---ini adalah cerita tentang harapan. Harapan yang kita, sebagai guru, orang tua, dan masyarakat, bisa bangun bersama.

Sebagai seseorang yang menyandang disleksia dan ADHD, saya tumbuh dengan menghadapi label-label yang menyakitkan: "bodoh," "malas," "bermasalah." Saya pernah merasa dunia tidak memberi ruang bagi saya. Tapi pengalaman itu pula yang membentuk saya, mengajarkan saya untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga berjuang bagi anak-anak lain yang menghadapi perjalanan serupa.

Pendidikan inklusi di Indonesia masih jauh dari kata sempurna. Meskipun sudah ada peraturan yang mewajibkan sekolah menerima anak berkebutuhan khusus, implementasinya sering kali menjadi masalah. Banyak sekolah belum memiliki guru yang terlatih atau fasilitas yang memadai. Anak-anak berkebutuhan khusus, seperti mereka yang menyandang disleksia atau ADHD, sering kali dipaksa menyesuaikan diri dengan sistem yang tidak dirancang untuk mereka. Akibatnya, banyak dari mereka kehilangan kepercayaan diri dan merasa terpinggirkan.

Data dari UNICEF Indonesia menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil anak berkebutuhan khusus yang mendapatkan akses pendidikan yang layak. Sisanya masih berjuang menghadapi stigma, minimnya pemahaman, dan kurangnya dukungan dari sekolah maupun masyarakat. Kenyataan ini tidak hanya melukai mereka, tetapi juga kita sebagai bangsa yang seharusnya menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan.

Untuk setiap guru dan orang tua yang membaca ini, ingatlah: Anda adalah cahaya bagi anak-anak ini. Dunia mungkin tidak selalu memahami mereka, tetapi tugas kitalah untuk menjadi jembatan yang membantu mereka menemukan tempat mereka. Seperti yang dikatakan Albert Einstein, "Everybody is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree, it will live its whole life believing that it is stupid." Anak-anak dengan disleksia dan ADHD membutuhkan guru yang mengerti bahwa mereka adalah ikan yang bisa berenang di lautan luas, bukan memanjat pohon.

Mereka tidak membutuhkan belas kasihan; mereka membutuhkan kesempatan. Mereka tidak membutuhkan penyesalan; mereka membutuhkan dukungan. Dan dukungan itu dimulai dari kita. Sebuah senyuman, kata-kata semangat, atau upaya kecil untuk memahami mereka dapat membuat perbedaan besar.

Saat memulai Dyslexia Keliling Nusantara, saya bermimpi menciptakan ruang di mana anak-anak berkebutuhan khusus bisa merasa dihargai dan diterima. Proyek ini membawa saya ke pelosok-pelosok negeri, bertemu dengan anak-anak yang dianggap "tidak mampu" dan guru-guru yang merasa kewalahan. Namun, saya juga bertemu dengan cinta dan semangat yang luar biasa orang tua yang tidak pernah menyerah, guru yang bersedia belajar, dan anak-anak yang mulai percaya pada diri mereka sendiri.

Di setiap pelatihan, saya sering menceritakan kisah saya sendiri. Saya ingin mereka tahu bahwa mereka tidak sendirian. Bahwa menjadi "berbeda" bukanlah kutukan, melainkan peluang untuk menemukan cara unik dalam memahami dunia. Di lingkaran kecil itu, saya melihat harapan tumbuh. Saya menyaksikan anak-anak yang tadinya takut untuk berbicara mulai mengangkat tangan, guru-guru yang awalnya bingung kini bersemangat untuk belajar lebih banyak, dan orang tua yang air matanya berubah menjadi senyuman.

Mari kita bangun lebih banyak lingkaran harapan seperti ini. Bukan hanya untuk anak-anak berkebutuhan khusus, tetapi untuk kita semua agar kita menjadi masyarakat yang lebih inklusif, penuh empati, dan berani mencintai perbedaan. Sebab, pada akhirnya, perjuangan ini bukan hanya tentang mereka, tetapi tentang kita sebagai manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline