Lihat ke Halaman Asli

Study Tour ke Kota Bontang

Diperbarui: 13 Juni 2016   10:44

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saya Imam ,20 tahun . Sekarang saya sedang menempuh pendidikan S1 Ilmu komunikasi di Universitas Mulawarman Samarinda . Saya sekarang sudah semester 6 dimana tugas sedang banyak banyaknya dan tentu bikin pusing kepala, apalagi dengan saya yang juga sambil bekerja jadi gak banyak waktu kosongnya . oke kita lupakan soal tugas dan beralih ke cerita utamanya . Senin 30 mei 2016 saya dan teman – teman dari ilmu komunikasi berencana akan melangsungkan kegiatan study tour ke Kota Bontang disana kami akan mengunjungi perusahaan migas yang terkenal di Indonesia PT.Badak LNG setelah itu berkunjung ke Koperasi Pupuk Kaltim dan yang terakhir refreshing ke kampung Bontang Koala .

Sesuai rencana jam 4 subuh kami diharuskan sudah harus berada di Gedung Dekanat Fisip Unmul,dari rumah saya menggunakan motor andalan saya dan parkir di samping gedung Dekanat , motornya bakal disitu sampai balik dari bontang, semoga tu motor gak hilang , belum lunas kreditannya wal, konidisinya saat itu lagi hujan gerimis . Kami berangkat dengan 5 bis berkapasitas 20 orang , dan saya berada di bis no 2 ,  didalam bis saya duduk di kursi paling belakang ngumpul sama teman-teman dari kelas saya , oh iya dalam study tour ini hanya 2 dari 4 kelas ilmu komunikasi yang ikut yaitu kelas A dan B  , di dalam bis duduknya campur antara anak A dan B .

Jam 9 kami sampai di PT.Badak LNG dan di sambut dengan hangat di gedung Town Square , sampai di gedung saya langsung cari kamar kecil buat ganti oli ,tau ganti oli kan? itu bahasa gaulnya buar air kecil . setelah itu mengikuti kegiatan seminar dengan Humas dari PT.Badak LNG , seminarnya sangat menarik banyak ilmu dan informasi tentang perusahaan migas ini yang tidak kami dapatkan di luar . sumpah dulu saya taunya PT.Badak ini tempat nyedot migasnya langsung dari bumi ternyata disini tempat pengolahannya , untuk penyedotan migasnya dilakukan oleh perusahaan lain baru di alirkan sampe ke PT.Badak . dalam seminar ini mereka memaparkan semua keunggulan dari perusahaan . dari CSR sampai penghargaan-penghargaan yang di raih . semua mahasiswa semangat untuk menyimak seminar dari bapak humas ini .

selanjutnya sesi tanya jawab , setelah itu sesi yang di tunggu-tunggu berkeliling di lokasi pengolahan migas PT.Badak LNG menggunakan bis yang sudah di sediakan , selama berkeliling teman-teman didalam bis gak ada yang bisa duduk tenang duduk kebanyak bediri semua, gak mau ketinggalan ngeliat train-train dan tangki-tangki migas yang gede-gede . sumpah gede banget itu tangki kalo di pake dirumah saya buat nampung air mungkin 7 turunan gak habis-habis . semua yang di liat pokonya menimbulkan pertanyaan , seorang laki-laki dari PT.Badak yang mendampingi kami kewalahan menjelaskan semua yang ada disekeliling kami .  kurang lebih setengah jam kami berkeliling dan sudah waktunya kembali ke gedung Town Square untuk makan siang , selesai makan siang lanjut foto-foto ,setelah itu pamit  pergi meninggalkan PT.Badak LNG . dan saya kembali ke dalam bis 2 untuk melanjutkan study tour , sudah enak-enak duduk dan ternyata stater busnya bermasalah dan terpaksa di dorong dan akhirnya nyala juga .

Selanjutnya kami akan mengunjungi Koperasi Pupuk Kaltim ,sebelum kesana kami singgah di Masjid besar yang saya lupa namanya untuk sholat dzuhur dan beristirahat sejenak . setelah itu balik lagi ke bis dan langsung pergi ke Koperasi Pupuk Kaltim yang jaraknya tidak jauh dari Masjid . sampai di sana duduk mendengarkan pemaparan dari ketua Koperasi Pupuk Kaltim , kondisinya saat itu sedang gerimis ditambah habis makan dan timbulah ngantuk, sepanjang seminar ini mata meram melek aja pokonya , jadi ilmu yang di sampaikan bapak di depan gak diserap . jangan di tiru ya gak bener . setelah dari Koperasi Pupuk Kaltim kami langsung menuju kampung Bontang Kuala untuk bersantai ria . sampai disana sekitar jam 4 , terus ramai-ramai berjalan kaki masuk ke kampung tersebut .  kampung Bontang Koala berada di atas pesisir pantai jadi disana rumahnya pada panggung semua jalannya juga terbuat dari kayu. setelah berjalan cukup jauh sampai lah kami di ujung kampung yang menghadap langsung dengan laut . pemandangannya mantap men . setelah berkeliling dan asik ber foto-foto kami kembali ke bis masing-masing untuk langsung pulang ke Kota tercinta Samarinda, sampai jumpa Bontang dan  terimakasih atas kesenangan hari ini.

Hari sudah mulai gelap saat perjalanan pulang ke Samarinda. Didalam bis saya duduk di kursi paling belakang lagi , mencoba untuk tidur dan tidak medengarkan teman di sekitar yang asik bercanda .  seperempat perjalanan dan kami singgah di salah satu warung makan untuk buang air kecil dan lainnya dan ternyata ban belakang sebelah kiri bis 2 bocor , lumayan memakan waktu untuk mengganti ban tersebut , saya dan beberapa mahasiswa lain keluar bis untuk menunggu ban bis di ganti . sekitar satu jam waktu yang terbuang saat mampir di warung makan tersebut . setelah selesai kami melanjutkan perjalanan .  setengah perjalanan berlalu dan masalah datang lagi , bis ini benar-benar mogok entah apa yang terjadi . supir bis mengisyaratkan kami yang laki-laki untuk mendorong bis dan ternyata bis tidak kunjung nyala dan kami berhenti, bis yang lain juga berhenti untuk menunggu bis 2 .

tak lama supir mengutak atik bis akhirnya selesia tapi dia mengisyaratkan lagi kami untuk mendorong bis itu lagi , dan kami mendorong...mendorong...mendorong dan akhirnya suara mesin terdengar. Kami pun melanjutkan perjalanan dengan suara mesin bis yang terdengar aneh .  dan akhirnya sampai di gedung dekanat tempat awal kami berkumpul jam setengah 12 , bisa kebayang kan berengkat jam 6 baru nyampe jam setengah 12 . lalu kami turun dari bis , banyak mahasiswa yang mengucapkan terimakasih kepada supir dan supirnya menjawab “maaf ya, jangan kapok naik bis lagi” , dalam hati saya “kalo kapok naik bis sih kagak,tapi kalo bis lu ya kapok” . setelah turun dari bis saya duduk didepan gedung untuk isitirahat menghilangkan pusing sambil menunggu bis yang lain datang . tak lama bis yang lain pun datang . dan saya pun pulang kerumah dengan motor tercinta.

Hampir 1 hari penuh saya dan teman-teman yang lain di Kota Bontang . Dan terima kasih sekali kepada ibu Hj.Hairunissa ketua prodi kami yang membawa kami study tour ke kota bontang , terimakasih juga buat supir bis 2 yang sudah buat kami terlambat pulang , tapi tidak papa, kejadian-kejadian itu malah jadi cerita asik buat nnti diceritakan kemudian hari .

Sekian

BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?