Lihat ke Halaman Asli

Dibalik Keindahan Alam Pemalang

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto - Koleksi Pribadi Imam Ali Mustofa Pemalang - Keindahan alam Indonesia yang begitu fenomenal di dunia memang tak pernah ada habisnya bilamana kita kunjungi satu-persatu. hamparan tanah nan subur bentang katulistiwa dengan kesuburan dan hijaunya alam memanjakan mata. Curug Sibedil Dusun Sima Karang Wungu Kelurahan Sima Kabupaten Pemalang, menyimpan suatu keindahan yang di miliki oleh tanah surga Indonesia. Curug Sibedil terletak di tengah dusun sederhana di perbukitan. Airnya yang jernih menyegarkan, menjadi sumber kehidupan di dusun tersebut. Banyak warga yang menggunakan air dari curug sibedil untuk mencukupi kebutuhan minum, mandi dan mencuci. Curug Sibedil adalah suatu kehidupan bagi warga setempat, dari keindahannya yang mampu menarik masyarakat lainnya untuk berkunjung dengan keluarga, muda-mudi, dan pecinta alam.

Foto - Koleksi Pribadi Imam Ali Mustofa Meskipun bukan suatu tempat wisata yang di kelola oleh pemerintah setempat, tapi curug Sibedil sangat di minati masyarakat. Keramaiannya yang terlihat dalam foto bukanlah karena banyaknya pengunjung luar, akan tetapi oleh penduduk sekitar yang beraktifitas. Curug Sibedil, di kelola oleh suatu paguyuban pemuda setempat dan mensosialisasikannya sebagai ekowisata mandiri yang di. Pemuda setempat yang juga pecinta alam ingin mel;estarikannya sebagai tempat wisata alam yang bersih, asri dan mandiri.

Foto -Koleksi Pribadi Imam Ali Mustofa Curug Sibedil sudah sejak lama di kenal oleh masyarakat sekitar Pemalang. "Sudah lama sekali Curug Sibedil ini mulai di kunjungi orang - orang jauh, biasanya sih rame kalau sehabis lebaran sampai satu minggu.dan pemuda dusun banyak mendirikan pos-pos swadaya untuk mengumpulkan dana, guna pembagunan untuk sekitar curug, biar pengunjung merasa lebih puas dengan pelayanan yang ada di sekitar curug." tutur ibu Darningsih (49) warga sekitar Curug Sibedil. Curug Sibedil juga pernah di survei oleh permerihtah Pemalang dulu, tapi sampai saat ini dana dan dukungan untuk mengelola tempat yang berpotensi sebagai wisata alam tersebut belum juga ada. Para pemuda dan warga sekitar tak mau tinggal diam menuggu. Mereka membuat jalan setapak untuk menuju Curug Sibedil dan membuatkan tangga untuk turun ke lokasi. Dengan dana dari parkir pengunjung yang di kumpulkan. Curug Sibedil bisa di tempuh dari Pemalang Kota  ke barat menuju daerah Wisata Guci. dan sebaliknya jika dari Tegal, dari Wisata Guci ke Timur menuju Moga - Pemalang kurang lebihnya 3-4 Km. Red. Imam Ali Mustofa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline