Lihat ke Halaman Asli

imam fatoni effendi

pebisnis dan profesional

Ulang Tahun Jessica Wongso

Diperbarui: 9 Oktober 2023   17:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompas.tv

Hari ini, 9 Oktober, Jessica Wongso terpidana kasus kopi sianida berulangtahun. Usia 35 tahun. Atau tujuh tahun umur dia mendekam di hotel prodeo.

Tak terbayangkan di hari ultahnya itu ia dikadoi hadiah berupa pro dan kontra tentang peristiwa yang ia akui tak pernah ia lakukan. Kejadian yang telah menyeretnya jauh ke pusara kriminal paling rendah yaitu hukuman kelas berat.

Pro dan kontra itu meletus kembali. Dimulai dari media film berupa genre dokumentasi yang mengkonstruksi kembali serpihan-serpihan peristiwa Mirna-Jessica.

Media film tidak selalu menyajikan satu pesan seragam. Seperti yang terjadi pada film-film action, di mana yang jahat harus dilindas oleh para jagoan. Juga film-film propaganda semacam Pengkhianatan G30S/PKI. Sebuah film bisa multitafsir, minimal dua tafsir yang setuju dan tidak setuju.

Begitupun film-film dokumenter. Sebab meskipun bahan film diambil dari obyek-obyek asli dan orisinal dari rangkaian peristiwa, film jenis ini tetap memiliki plot dan pesan.

Film Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso mengundang dua tafsir. Pro dan kontra. Atau mudahnya, yang setuju dan tidak setuju bahwa Jessica lah yang pembunuh. Dan harap diingat, ada dua pihak di dalam proses kreatif dan distribusi tersebut, yakni tim produksi dan distrubusi. Keduanya berbeda kelompok dan tidak saling berhubungan, kecuali bisnis.

Tim produksi adalah Beach House Pictures dan tim distribusi adalah Netflix. Netflix yang memiliki hak siar atas perjanjian eksklusif tersebut. Sehingga dalam hal konten bisa jadi Netflix menganggap bahwa seluruh konteks dalam isi film tersebut sudah benar. Seperti halnya bisokop-bioskop di Indonesia saja saat seluruh film telah lolos LSF, maka studio sinema di seluruh Indonesia dapat menayangkan.

Sehingga wajar saja bila perdebatan antara pro dan kontra itu muncul. Karena masing-masing kubu memiliki pemahaman dan sudut pandangnya sendiri. Perspektif muncul oleh pemahaman pada setiap adegan dan babak yang dilontarkan dalam film.

Sekali lagi harus dipahami, film adalah media. Dalam perspektif edukasi, film-film seperti Ice Cold ... itu mengajak kemampuan analisis manusia digunakan dalam memahami setiap bagian.  Film dapat membantu mengerti sebuah peristiwa yang dulu mungkin hanya dapat dipahami secara sepotong-sepotong. Atau dulu terlanjur tergiring pada satu sudut tertentu.

Tujuh tahun silam saat peristiwa tewasnya Mirna Salihin dalam proses penyelidikan hingga persidangan penonton harus sabar mengikuti. Tidak sedikit yang pesimis dan malas meneruskan. Karena itu ketika muncul stigma kuat pada proses tersebut seperti "kopi sianida", maka orang gampang tergiring pada pemahaman tentang tercampurnya kopi dengan sianida. Masyarakat yang lelah dengan mudah cenderung mengikuti sehingga umumnya pada satu kesimpulan tertentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline