Pelaksanaan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah, merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya peningkatan mutu Sumber Daya Manusia Indonesia dibidang olahraga, dimana hasil yang diharapkan adalah mendapatkan bibit-bibit unggul dari siswa yang berpotensi, disamping membina siswa dalam aspek kesegaran Jasmani dan Rohani. Hasil tersebut dapat dicapai dalam waktu cukup lama atau jangka panjang karena membina insan muda melalui pendidikan memerlukan proses panjang dan melibatkan komponen lainnya selain skills di bidang olahraga.
Hal ini tentu diperlukan suatu cara atau metode yang mendukung terciptanya pembelajaran yang kondusif, menyenangkan bagi siswa, dan semangat yang tinggi. Selama ini berdasarkan pengalaman yang Peneliti alami bahwa pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan masih terlihat kurang inovatif.Dimana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara monotone, dengan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, dan model penerapan mediapun sangat minim.
oleh karena hal tersebut menurut saya perlu ada perubahan kepada mereka dengan menciptakan suasana belajar yang gembira dan nuansa bermain, agar mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan senang dan mengasikkan.salah satu upaya tersebut adalah dengan penerapan metode pembelajaran " Discovery Learning ".
Model pembelajaran Discovery Learning merupakan sebuah teori pembelajaran yang diartikan sebagai bentuk proses belajar yang terjadi dimana siswa tidak disuguhkan dengan pelajaran dalam bentuk akhirnya, akan tetapi diharapkan untuk mengorganisasi sendiri.model Discovery Learning adalah bahan pelajaran atau materi yang hendak diberikan tidak disampaikan seutuhnya, sebagai gantinya, siswa akan didorong untuk menganalisis sendiri apa yang ingin dicari kemudian para peserta didik mecari bentuk finalnya.
Model pembelajaran Discovery Learning dilaksanakan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) menuntun siswa untuk menjadi anak yang cerdas,aktif dan mempunyai keinginan untuk menemukan hal yang baru dalam pembelajaran.
Dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning secara konsisten, diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang inovatif dan kreatif, sehingga dapat membangkitkan semangat dan kesenangan siswa dalam melakukan kegiatan olahraga ini.
maka menurut saya para pendidik khususnya guru pjok harus bisa mencari alternatif-alternatif solusi untuk meningkatkan minat dan meningkatkaj mutu pendidikan di indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H