Lihat ke Halaman Asli

Perpustakaan sebagai Media Membaca

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Belajar adalah hal yang sangat penting untuk semua orang baik belajar di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan sekitar. Sekolah merupakan salah satu sarana untuk belajar dan menuntut ilmu. Ada beberapa komponen-komponen yang ada pada sekolah di antaranya, guru, siswa dan sarana prasarana lainnya termasuk fasilitas. Guru sebagai pengajar, siswa sebagai orang yang di ajar, dan fasilitas yang akan di manfaatkan oleh semua siswa.

Fasilitas yang diberikan kepada siswa disetiap sekolah ada yang sama dan ada yang berbeda tergantung kemampuan di sekolahnya masing-masing, tetapi hak dan kewajiban semua siswa sama, yaitu belajar. Fasilitas termasuk hal penting untuk meningkatkan minat belajar siswa seperti gedung sekolah, ruang kelas, bangku, meja, white board, lapangan olahraga, auditorium, laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain.

Fasilitas bisa meningkatkan minat belajar siswa karena tanpa adanya fasilitas misalnya ruangan kelas, siswa tidak bisa belajar dengan nyaman karena kenyamanan itulah yang membuat siswa menjadi fokus dan berkonsentrasi dalam belajar. Fasilitas lain yang bisa mereka manfaatkan dengan baik yaitu laboratorium komputer bisa digunakan untuk pembelajaran komputer dan laboratorium IPA juga bisa digunakan dalm praktek pembelajaran IPA.

Selain fasilitas yang telah disebutkan diatas, ada fasilitas lainnya yaitu lapangan olahraga untuk memudahkan siswa praktek pada saat mata pelajaran olahraga, dan fasilitas lainnya yang bisa siswa manfaatkan dengan baik yaitu perpustakaan. Di perpustakaan disediakan berbagai macam buku, diantaranya buku pelajaran, kliping, makalah, karya ilmiah, buku cerita, novel, kamus, dan bacaan-bacaan lain yang bermanfaat untuk dibaca.

Siswa bisa memanfaatkan perpustakaan dengan berkunjung ke perpustakaan untuk membaca. Biasanya perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk membaca karena suasananya yang tenang membuat siswa nyaman belajar dan membaca diperpustakaan. Manfaat lain dari perpustakaan yaitu, siswa bisamencari buku sebagai sumber-sumber untuk belajar. mencari buku untuk referensi-referensi untuk mengerjakan tugas. Perpustakaan juga bisa dijadikan tempat untuk diskusi ketika ada hal-hal yang harus didiskusikan.

Pada saat ini hampir semua sekolah memiliki perpustakaan, baik di Sekoah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas, tapi tidak sedikit siswa yang tidak memanfaatkan perpustakaan dengan baik. Perpustakaan bagi sebagian siswa dimanfaatkan hanya untuk mencari buku pelajaran dan ketika diperintah guru, sebagian siswa lainnya pada saat masuk ke perpustakaan hanya untuk duduk santai, mengobrol, bercanda dengan temannya tanpa membaca sedikitpun. Sebagian besar siswa lainnya lebih sering berkunjung ke kantin sekolah.

Tidak sedikit siswa juga yang sekarang duduk di Sekolah Menengah Pertama bahkan yang duduk di Sekolah Menengah Atas yang belum lancar membaca. Ada hal-hal yang yang membuat siswa belum lancar membaca, salah satunya malas membaca bahkan minat membacanya sangat kurang. Hal ini disebabkan saat waktu luang di sekolah, siswa lebih banyak memilih bermain daripada membaca. Padahal pihak sekolah menyediakan fasilitas perpustakaan untuk memudahkan siswa dalam membaca dan memanfaatkan buku sebagai bahan bacaan yang tidak hanya saat diperintahkan saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline