Lihat ke Halaman Asli

Ilyul Mustafidah

Nutrisionis

Tips Anti Gagal Program Diet Saat Hang Out

Diperbarui: 23 Februari 2023   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels by sam-lion 

Banyak beberapa dikalangan masyarakat menginginkan tubuh yang sehat dan ideal. Tetapi banyak juga seseorang yang tidak mengetahui saat berpergian bersama teman, kumpul bareng keluarga, rekan kerja, ataupun bersama pacar. Kadang sampai lupa atau bahkan selalu bilang "diet mulai besok" hehe terus aja sampai begitu yaa... terus kapan dong bisa mencapai berat badan yang ideal sedangkan makanan dan minuman manisnya tidak dibatasi, sudah tinggi garam tinggi gula pula. Jika ingin menurunkan berat badan, tentu menu diet yang perlu dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Bagaimana caranya agar program diet kamu berhasil saat hang out?

Pertama, atur jenis makanan yang akan kamu konsumsi. Selama menjalani program diet tentu ada beberapa jenis yang harus kamu batasi dalam menu makanan dan minuman, seperti minuman manis, minuman bersoda, syrup, ice cream, minuman berakohol, minuman kemasan, minuman kekinian (thai tea, boba, dll) yang termasuk pemanis buatan. 

Selain itu, jenis makanan yang akan dikonsumsi pilihlah makanan yang sehat dan seimbang, batasi makanan yang tinggi lemak seperti gorengan, mie instan, cake, kripik, camilan yang tinggi gula atau tinggi garam, serta makanan cepat saji (junkfood). Saat hang out kamu juga bisa membawa bekal sendiri atau memilih makanan yang sehat untuk konsumsi. 

Perubahan kebiasaan bukan hanya pemilihan makanan, namun juga pada proses pengolahan makanan. Memilih proses makan dengan dikukus, direbus, atau di oven dapat menghasilkan makanan yang menyehatkan. Pastikan asupan zat gizi makro dan mikronutrien (vitamin dan mineral) terpenuhi. Selain itu, diet yang sehat tentunya juga perlu di imbangi dengan olahraga secara rutin, agar proses penurunan berat badan berjalan maksimal.   

Kedua, sesuaikan dengan jumlah konsumsi makanan tersebut dari total kalori kebutuhan harian kamu. Sebelum menjalankan program diet tentu kamu harus tahu berapa kebutuhan kalori harian kamu. Biasanya beberapa orang sebelum menjalani program diet, mereka mengkonsultasikan seputar manajemen berat badan yang akan di jalani kepada Ahli Gizi. Ahli gizi akan menentukan diet yang tepat sesuai dengan kondisi tubuhmu. Setelah mengetahui total kebutuhan kalori tubuhmu kamu bisa mengatur pola makan yang sehat dan seimbang untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis aplikasi untuk menentukan kandungan makanan beserta kalorinya misalnya pada aplikasi Gizi Nusantara, kamu bisa mengetahui berapa kalori dan kandungan dalam bahan makanan tersebut.  

Terakhir, atur jadwal waktu makan. Meskipun kamu sudah mengatur jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi, kamu juga perlu mengatur jadwal waktu makan yang baik. Pola makan yang sehat tentu mempunyai 3 prinsip yaitu 3 J (Jenis, Jumlah dan Jadwal). Yang terdiridari 3 kali makan (makan pagi, makan siang dan makan malam) dan 2 kali selingan. Perubahan pola makan dapat membantu menurunkan berat badan dan tetap menjaga berat badan agar tetap normal (ideal). Pastikan untuk selalu makan di waktu yang sama setiap hari. Hal ini membuat system pencernaan akan lebih teratur dalam memproses makanan menjadi energi sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. Jangan lupa, mulai biasakan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan beserta asupan nutrisi dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Sekian dari program diet saat hang out, semoga berhasil ya ...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline