Lihat ke Halaman Asli

Moh IlyasNur

Moh Ilyas Nur Shobir

Rancangan Aplikasi-aplikasi Inventory pada Toko Family Musik

Diperbarui: 15 Juni 2022   18:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

RANCANGAN APLIKASI INVENTORY PADA TOKO FAMILY MUSIC

CV. Family Music adalah salah satu usaha kecil yang bergerak di bidang alat music. Family Music terletak di kabupaten brebes, jawa tengah tepat nya di desa kaliwadas kecamatan bumiayu, usaha alat musik ini di dirikan pada 5 februari 2011 dan telah menerima pembuatan drum, hadroh, drum band dan lain sebagai nya.

Dalam Kerja praktek ini merupakan salah syarat wajib yang harus ditempuh dalam Program Studi “Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Pamulang” Selain untuk menuntas program studi, kerja praktek ini ternyata banyak memberikan manfaat kepada saya sebagai penyusun laporan baik dari segi akademik maupun untuk pengalaman yang tidak dapat penulis temukan saat berada di bangku kuliah.

Dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, sejalan dengan kemajuan zaman maka penggunaan komputer semakin meningkat dan perannya sangat penting dalam membantu pekerjaan manusia. Kemajuan komputerisasi telah melanda dan semakin berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan manusia, sehingga menimbulkan dampak positif bagi perkembangan teknologi di lingkungan masyarakat terutama di bidang informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan modern.

Kemajuan teknologi komputer juga dirasakan dalam dunia usaha, banyak perusahaan menggunakan jasa komputer sebagai alat untuk membantu segala kegiatan yang sedang berjalan di perusahaan. Dengan banyaknya kegiatan pendataan barang di suatu perusahaan maka tidak heran akan terjadi kesalahan dalam pendataan barang yang masuk maupun keluar dalam suatu perusahaan, kesalahan pendataan barang ini memungkinkan terjadi nya kerugian dalam suatu perusahaan. Banyak perusahaan dalam laporan pendataan barang dilakukan secara manual ini mengakibatkan kurang terkontrolnya laporan pendataan tersebut sehingga terjadi kesalahan dalam laporan barang yang masuk maupun keluar. Dengan ini maka sudah seharusnya membuat suatu aplikasi data inventory.

Dengan dibuatnya rancangan aplikasi inventory ini maka penyajian informasi pendataan barang akan cepat terkontrol, akurat dan tepat, ini merupakan harapan dan keinginan dari setiap perusahaan. Dalam hal ini, khususnya di family music untuk mengantisipasi tuntutan kebutuhan akan informasi barang masuk maupun keluar agar lebih mudah, cepat dan akurat. Selain itu dengan adanya aplikasi ini maka pencarian data pun akan semakin cepat ini memungkinkan meningkatkan kinerja perusahaan.

Dari penjelasan diatas bahwa Toko Family musik dalam menjalankan usahanya saat ini masih menggunakan sistem secara manual. Semua pencacatan barang yang terdapat dalam gudang masih menggunakan kertas dan buku. Hal tersebut dapat menyebabkan banyak terjadi kesalahan dalam pecatatan dan membuat data tidak akurat, kesalahan dalam menghitung jumlah barang yang terjadi karena adanya human error. Selain masih rawannya terjadi kesalahan dalam pencatatan data, sistem yang manual sangat merepotkkan bila ingin melakukan pencarian data tertentu dan akan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perancangan sistem yang dapat menghasilkan informasi berupa data laporan barang masuk dan keluar dalam waktu yang cepat dan dapat terorganisir dengan baik, maka dalam pembuatan laporan ini penulis memberi judul laporan praktek kerja ini “PERANCANGAN APLIKASI DATA INVENTORY DI FAMILY MUSIC”.

 

 

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline