Lihat ke Halaman Asli

Pajak Meningkatkan Kesejahteraan

Diperbarui: 30 Juni 2024   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pajak (Sumber: https://www.istockphoto.com/

Ketika kamu makan di restoran ada pajak yang dibebankan pada waktu pembayaran, begitu  juga ketika menerima gaji, menerima hadiah  dari suatu lomba sering ada kata-kata "sebelum dipotong pajak". Sebenarnya apa sih pajak itu?  Apa sih gunanya pajak tersebut? Kenapa sih pemerintah harus mengenakan pajak?

Pajak merupakan konstribusi dari warga negara dan perusahaan kepada negara dan merupakan sumber pendapatan negara yang sangat penting untuk membiayai penyelenggaraan negara, berbagai program pembangunan  dan kesejahteraan masyarakat  termasuk program  pendididikan dan kesehatan.

Membayar pajak merupakan kewajiban dari  setiap warga negara pada negara dan bentuk partisipasi sebagai warga negara dalam menunjang pembangunan berbagai fasilitas publik, seperti jalan, jembatan, sekolah, puskesmas, rumah sakit, dan juga sekolah. Pajak dan pendidikan adalah dua hal yang saling berkaitan. Pajak bekerja untuk mengumpulkan anggaran di sektor pendidikan dan pendidikan bekerja untuk menghasilkan generasi yang berkualitas.

Sebagai bentuk Implementasi dana pajak dalam bidang pendidikan  adalah membiayai pembangunan dan pemeliharaan sekolah, sehingga dapat memberikan fasilitas yang memadai untuk siswa. Selanjutnya yang namanya "Pendidikan" tidak luput dari guru-guru/dosen, mereka sangat berjasa dalam hal pendidikan untuk membangun generasi yang berkualitas, oleh karena itu dana pajak juga untuk membiayai gaji guru agar mereka mendapatkan kompensasi yang layak dan stabil. Pajak digunakaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan pelatihan untuk guru, mengembangkan kurikulum menjadi lebih baik yang bertujuan untuk  meningkatkan kualitas pendidikan. Ini dapat membantu untuk melahirkan para pendidik yang bemutu/profesional.  Salah satu indikator dalam mendukung program pendidikan adalah dengan memberikan fasilitas peralatan dan teknologi yang memadai, dana pajak juga dapat dialokasikan untuk pembelian peralatan dan teknologi yang mendukung proses belajar mengajar, seperti komputer untuk pembelajaran informatika atau pembelajaran lainnya, dan alat peraga seperti proyektor. Pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk masa depan negara / masyarakat dan ekonomi. Dengan menggunakan dana pajak untuk mendukung pendidikan, pemerintah dapat membantu menciptakan generasi-generasi emas untuk masa depan yang terampil dan terdidik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing ekonomi suatu negara.

Pendapatan dari pajak dapat menunjang pemberian beasiswa dan pelatihan untuk memperluas kesempatan belajar sehingga meningkatkan kualitas pendidikan dan menunjang upaya pelatihan tenaga kerja untuk  menjadikan  tenaga kerja di negara kita menjadi tenaga kerja  berkualitas tinggi dan berdaya saing baik.

Dengan demikian, peran pajak dalam pendidikan sangat penting karena pajak merupakan sumber utama pendanaan untuk sistem pendidikan dibanyak  negara. Pajak berperan sangat penting dalam memastikan tersedianya sumber daya yang dibutuhkan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan murah, bahkan gratis bagi masyarakat. Semakin baik penerimaan pajak disuatu negara maka  semakin bagus mutu pendidikannya.

Pajak tidak hanya bermanfaat dalam membantu membiayai pendidikan, tetapi juga berperan krusial dalam menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas. Kesehatan merupakan hal penting yang musti kita jaga karena kesehatan merupakan hal yang mahal.

Dana pajak di bidang kesehatan digunakan untuk membangun rumah sakit dan membangun puskesmas, bertujuan untuk memastikan adanya akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan bagi masyarakat. Seperti pemerintah membangun rumah sakit atau puskesmas diwilayah yang sulit dijangkau, agar penduduk di wilayah tersebut dapat lebih mudah menjangkau fasilitas kesehatan. Rumah sakit atau puskesmas juga memerlukan peralatan medis, oleh sebab itu pajak juga digunakan untuk membeli peralatan medis canggih dan meningkatkan infrastruktur rumah sakit sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan lebih efisien dan efektif. Penggunaan pajak untuk membangun rumah sakit atau puskesmas bukan hanya sekadar investasi fisik, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Tak hanya itu, kita pasti memerlukan imunisasi untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit. Dana pajak digunakan untuk mendanai program-program kesehatan, seperti imunisasi bayi dan balita, vaksin ataupun program pencegahan penyakit. Contoh nyata yang ada beberapa waktu lalu ini adalah pemberian vaksin COVID-19, saat masa  pandemi COVID-19 pemerintah menyediakan beberapa jenis vaksin untuk masyarakat yang bertujuan agar penerima vaksin tersebut terhindar dari virus COVID-19. Contoh tersebut merupakan penggunaan dana pajak oleh pemerintah untuk masyarakat nya. Dengan menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai, pemerintah dapat mengurangi biaya pengobatan yang harus ditanggung oleh individu, terutama bagi mereka yang tidak mampu membayar perawatan medis secara pribadi. Atau juga bisa disebut sebagai asuransi kesehatan, pendapatan pajak digunakan untuk mendanai program asuransi kesehatan nasional seperti BPJS yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan yang murah dan terjangkau.

Semakin baik penerimaan pendapatan pajak maka semakin sejahtera kehidupan disuatu negara. Pajak berfungsi mensejahterakan semua karena pajak membiayai kepentingan publik  seperti pendidikan dan kesehatan. Untuk itu perlu setiap warganegara berpartisipasi aktif dalam membayar pajak karena pajak adalah untuk kita semua. Berharap suatu saat nanti Indonesia bisa menjadi negara dengan fasilitas pendidikan gratis sampai perguruan tinggi dan memiliki   fasilitas kesehatan yang sangat baik dan gratis untuk semua warga negara. Karena dengan mengoptimalkan pemanfaatan pajak untuk kesehatan dan juga pendidikan bisa memberdayakan potensi generasi mendatang untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Ilona Rabiha Maryam, SMAN 10 TANGERANG SELATAN




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline