Lihat ke Halaman Asli

UIN Bandung Bantu Memajukan UMKM Lewat Sertifikasi Halal Gratis dengan KKN Tematik

Diperbarui: 13 September 2024   22:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo Halal Indonesia https://sukoharjonews.com/bpjph-telah-terbitkan-10-ribu-lebih-sertifikat-halal-self-declare-dari-kuota-25-ribu/

Memasukin momen semester 7, mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati dihadapkan dengan salah satu tugas Tridarma Perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kali ini, unik dan agak berbeda dari sebelumnya UIN Bandung atau yang biasa disebut kampus Esgede menggelar KKN berbasis tematik yang fokus kepada layanan penyedia pendampingan sertifikasi halal gratis bagi pelaku usaha menengah bawah. Dengan tujuan ingin mengembangkan kualitas pelaku usaha, Pihak LP2M, melakukan pelatihan kepada mahasiswa untuk menjadi P3H, dimana penggelaran sertifikasi halal ini dilakukan dengan bekerja sama dengan kementrian agama secara langsung. 

Saat ini hampir memasuki jumlah 1000 lebih pelaku usaha yang diberikan layanan pendampingan oleh mahasiswa peserta KKN tematik. Bukan hanya kualitas produksi pelaku usaha yang secara tidak langsung turut diperhatikan dalam proses sertifikasi halal, namun lebih dari itu sertifikasi halal juga dilakukan sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam menciptakan ekosistem kebajikan yang semakin meluas. Karena sebagaimana diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduknya yang beragama Islam. Terhitung populasi umat muslim di dunia diperkirakan mencapai 23% dari populasi dunia dan 13,1% nya berasal dari penduduk Indonesia. 

Banyak pelaku usaha yang senang sebab merasa terbantu dengan adanya program sertifikasi halal gratis ini, mulai dari pedang makanan olahan, pedagang kaki lima, hingga pelaku usaha home industri sekala kecil. 

Upaya memberian sertikasi halal ini juga dilakukan dengan sistem penyebaran peserta KKN tematik, sehingga pemberian bantuan gratis dapat menjangkau pelosok daerah. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline