Lihat ke Halaman Asli

Ahmad dzulilmi

alhamdulillah

Metode Mengajar Anak Usia Dini yang Efektif Menyenangkan

Diperbarui: 23 Juni 2021   20:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Metode Metode Mengajar Anak Usia Dini yang Efektif Menyenangkan (unsplash/annie-spratt)

Sebelum memasuki jenjang TK anak-anak perlu mengikuti program PAUD. Biasanya anak sudah bisa mengikuti program PAUD pada usia 2 tahun. Disini mereka akan belajar banyak hal yang akan mendukung proses perkembangan otak mereka. Oleh karena itu perlu adanya metode dan cara mengajar yang efektif dan menyenangkan.

Bukanlah hal mudah untuk mengajar anak-anak PAUD. Yang mana anak-anak PAUD mempunyai karakter unik dan aktif yang akan memberikan tantangan tersendiri bagi sang guru.

Dibutuhkan cara khusus untuk mengajar anak-anak PAUD. Dibawah ini saya akan memberikan tips dan trik cara mengajar anak PAUD yang efektif dan menyenangkan.

1. Belajar Sambil Bermain

Anak-anak usia dini memiliki ketertarikan untuk bermain. Ajaklah anak-anak PAUD belajar lewat permainan yang menyenangkan bagi mereka.

Baca juga : Merumuskan Model Kurikulum Darurat Tahun Ajaran 2021/2022

2. Belajar Sambil Bernyanyi

Ajari anak-anak PAUD untuk belajar lewat nyanyian, karena akan jauh lebih mudah bagi anak-anak untuk mempelajari suatu hal lewat suatu lagu. Ciptakan lagu-lagu yang liriknya mengandung nilai-nilai positif untuk diajarkan kepada anak.

3. Dekatkan dengan Alam

Akan sangat membosankan bagi anak jika mereka belajar di dalam ruangan, ajak anak untuk belajar di luar ruangan atau di alam bebas. Hal ini juga akan membantu anal berinteraksi dengan lingkungan.

4. Belajar Berkeompok

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline