Lihat ke Halaman Asli

Lestarikan Bumi Manusia

Diperbarui: 5 Juli 2023   05:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lingkungan hidup merupakan warisan yang paling berharga bagi umat manusia dan makhluk hidup lainnya di Bumi. Dalam beberapa dekade terakhir, aktivitas manusia telah menyebabkan banyak kerusakan pada lingkungan kita. Penebangan hutan, pencemaran air dan udara, serta peningkatan suhu global adalah beberapa contoh yang menunjukkan bahwa kita harus memperhatikan dampak aktivitas manusia pada lingkungan.

Salah satu cara untuk melindungi lingkungan adalah dengan mengurangi emisi gas rumah kaca. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan atau dengan mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu. Selain itu, kita juga dapat memilih produk yang ramah lingkungan dan mempergunakan kembali produk-produk yang dapat digunakan ulang.

Kita juga dapat menjaga kelestarian lingkungan dengan cara menjaga keanekaragaman hayati. Kita harus memastikan bahwa spesies-spesies yang terancam punah terus dilestarikan dan habitat mereka tidak rusak. Kita dapat berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan atau penyelamatan satwa liar untuk membantu menjaga keanekaragaman hayati.

Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, tidak perlu melakukan perubahan yang besar. Langkah-langkah kecil seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai atau mematikan lampu saat tidak digunakan dapat memberikan dampak yang besar pada lingkungan. Melakukan hal-hal kecil seperti itu adalah tindakan nyata untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari dan dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline