Lihat ke Halaman Asli

Ilma FS

Guru Bahasa Inggris tingkat SMP

Refleksi Pembelajaran

Diperbarui: 30 September 2022   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

https://padlet.com/ilmafarahsilvia/bgqyw3yqtkzyes33

Link di atas adalah kegiatan refleksi dari mata pelajaran Bahasa Inggris dengan materi Recount Text di kelas VIII di SMPIT Bina Ummah kabupaten Cirebon.

Sesuai dengan RPP yang sudah saya lampirkan, pembelajaran Recount Text ini bertema personal recount text tentang pengalaman liburan pribadi yang dialami peserta didik.

Pada tahap pendahuluan guru mengingatkan kembali peserta didik mengenai kegiatan atau pembelajaran dipertemuan sebelumnya dengan memberikan permainan melalui game berbasis web wonderwall.net. Siswa mencari dan memilih kata kerja bentuk lampau yang sudah ditemui pada pertemuan sebelumnya dan juga beberapa yang akan ditemui siswa di teks yang akan disajikan oleh guru dipertemuan hari tersebut.

Pada kegiatan apersepsi peserta didik disajikan gambar dan dan diberi pertanyaan-pertanyaan pemantik yang sifatnya menukik menjurus langsung ke tema teks yang akan guru sajikan. Gambar yang diberikan adalah gambar tempat wisata yang cukup terkenal dan diketahui oleh peserta didik. Sehingga, peserta didik dapat menjawab pertanyaan dan menambah wawasan bagi peserta didik lain yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut.

Pada kegiatan inti peserta didik di sajikan sebuah teks. Guru bersama peserta didik memahami informasi yang terdapat didalam teks. Kemudian guru memberikan lembar kerja dimana peserta didik secara berkelompok, diberikan teks yang bertema agak mirip dengan teks yang sebelumnya diberikan. Peserta didik diminta untuk mencari informasi didalam teks tersebut sesuai dengan pertanyaan yang diberikan di dalam lembar kerja. Guru membimbing peserta didik agar setiap peserta didik mendapatkan job desk-nya masing-masing.

Setelah peserta didik menyelesaikan lembar kerja yang diberikan peserta didik diminta untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya. Peserta didik maju berkelompok menjelaskan hasil kerja kelompok mereka. Tiap peserta didik mendapatkan peran masing-masing dalam kelompoknya dalam menyajikan hasil kerja. Ada peserta didik yang berperan sebagai moderator, ada peserta didik yang berperan sebagai pemateri (narasumber).

Pada kegiatan refleksi, peserta didik diminta untuk menceritakan pengalaman belajar mereka dipertemuan tersebut. Peserta didik memberikan umpan balik dengan menggunakan telepon pintar mereka untuk mengakses link yang sudah diberikan oleh guru di grup whatsapp kelas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline