Lihat ke Halaman Asli

Ilma Fitri

Mahasiswa

Teori Pembelajaran Humanisme dan Penerapannya

Diperbarui: 24 Mei 2024   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Definisi teori belajar humanisme 

Teori belajar humanistik menekankan pada pembelajaran yang didorong oleh keingintahuan alami dan keinginan untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi individu. Teori ini berpendapat bahwa proses belajar lebih penting daripada hasil belajar, dan tujuan utama pembelajaran adalah untuk memanusiakan manusia melalui pembelajaran yang menghargai dan memperkuat identitas diri seseorang.

B. Tujuan pembelajaran menurut aliran humanisme 

1. Fokus utama dalam teori pendidikan humanistik adalah pengembangan pribadi secara keseluruhan, di mana pendidikan dipandang sebagai alat untuk meningkatkan potensi manusia secara keseluruhan.

2. Humanisme dalam konteks pendidikan menganggap manusia sebagai subjek yang memiliki kebebasan dan tanggung jawab penuh terhadap diri mereka sendiri dan pengaruh mereka terhadap orang lain. Ini menekankan signifikansi makna personal dalam keberadaan setiap individu, terutama dalam konteks pendidikan anak-anak dan remaja

C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENURUT TEORI HUMANISME 

Dalam teori humanisme, terdapat kelebihan dan kelemahan, berikut adalah kelebihan antara lain sebagai berikut:

1. Menekankan potensi dan motivasi indifidu

2. Mengakui pentingnya kebebasan dan perbedaan individu dalam proses pembelajaran

3. Humanisme sejalan dengan nilai-nilai pendidikan Islam

kelemahan dari teori humanisme:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline