Lihat ke Halaman Asli

Ilma Azahra Ilmaya

Universitas Serang Raya

Dampak dan Antisipasi Perkembangan Teknologi dan Informasi bagi Anak di Bawah Umur

Diperbarui: 12 Juli 2024   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kehidupan manusia yang bermula dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Di zaman yang semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang  saat sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis. Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya, kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat cepat dan seakan tanpa jarak.

Salah satunya dalam bidang teknologi komunikasi seperti adanya smartphone dan internet, membuat manusia semakin meningkatkan cara komunikasinya. Berbagai macam media untuk berkomunikasi pun hadir untuk memudahkan manusia berinteraksi. Dengan hadirnya teknologi dan informasi yang semakin canggih, hal semacam ini bisa secara sengaja maupun tidak sengaja dipergunakan dengan anak-anak dibawah umur. Kurangnya pengawasan dari orang tua, adanya konten konten sensitif yang ditobton, maupun lingkungan sekitar yang membuat hal tersebut dilakukan oleh anak-anak.

Sisi positifnya adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, serta media komunikasi sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah, mempermudah pekerjaan sehingga menghemat tenaga dan waktu, meningkatkan taraf hidup, memperkaya sumber belajar seperti memfasilitasi pembelajaran berbasis online. Selain itu dampak negatifnya adalah perkembangan mereka dalam hal bersosialisasi menjadi sangat lamban. Karena mereka terlalu fokus dengan gadget tersebut. Kejahatan siber seperti, pencurian data, peretasan, penipuan yang dapat mengancan keamanan masyarakat. Monopoli dalam pengelolaan, penyediaan dan pemanfaatan informasi. Konten negatif yang berisi pornografi, perjudian, tayangan kekerasan dll. Di Indonesia kini, peranan media massa, teknologi, serta sosial media memegang kendali yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat dengan mudah dan relatif cepat untuk mempengaruhi opini publik.

Kemajuan teknologi memang membawa dampak positif yang banyak namun begitu juga dampak negatifnya. Namun hal seperti ini bisa diatasi dengan beberapa cara, diantaranya:

1. Membatasi penggunaan gagdet yang berlebih.

2. Pengawasan oleh orang tua/orang dewasa.

3. Mempelajari IPTEK dapat membantu untuk menggunakan perangkat digital secara bijak sesuau dengan kebutuhan.

4. Melaporkan tindakan cyberbullyng kepada pihak berwajib dengan mengumpulkan bukti berupa tangkapan layar komentar negatif/tidak senonoh dari pelaku.

5. Mengadakan seminar/webibar yang sifatnya mengedukasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline