Lihat ke Halaman Asli

ILMA NURAINI

Masih pelajar smp

The First Experience

Diperbarui: 24 Januari 2024   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Pernah gak sih kalian ikut lomba tapi gak pernah menang? Padahal udah latihan dan berdo'a,

Atau Mungkin karena tiba-tiba gugup saat pertempuran dimulai. tapi coba kita introspeksi diri dulu apakah kita sudah berusaha dan berdoa sekuat tenaga atau belum.

Tapi kalo sekiranya udah berusaha dan berdoa sekuat tenaga dan tetep gak menang

Gak papa, kalian keren kok:)

Emang belum rezekinya aja kita menang dalam suatu kompetisi.

Allah itu cinta pada setiap hambanya, Dia tahu mana yang terbaik teruntuk hamba-hamba-Nya sebagai mana Firman-Nya dalam Q.S Al-Baqarah ayat 216, berikut:

"Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."

Aku mau berbagi sedikit pengalaman aku dalam perlombaan.

Jadi waktu aku kelas 4 SD aku terpilih menjadi siswa yang layak untuk mengikuti seleksi lomba pidato tingkat kelas buat mewakili sekolah. Jujur rasanya gak nyangka, dan agak sedikit pesimis karena saingan aku Kaka kelas. Beberapa hari sebelum seleksi aku latihan bareng Kaka kelas yang merupakan saingan aku juga, tapi saat itu aku santai aja, dan kita main bareng -bareng, kepilih atau nggak aku gak terlalu peduli, yang penting udah berusaha. 

Selksi pun di mulai, saat nama aku dipanggil aku tampilkan yang terbaik dan semaksimal mungkin. Pengumuman pun diumumkan dan hasilnya akulah yang terpilih untuk mewakili sekolah dalam perlombaan pidato tingkat kecamatan Sumedang Selatan. Lalu tiap pulang sekolah atau pas istirahat aku latihan sama guru pembimbing aku, aku kerahin semua yang aku bisa walaupun saat itu kemampuanku masih minus. 

Hari pertempuran pun tiba, hatiku deg -degan waktu itu, ya karena ini pengalaman pertama dalam hidupku mengikuti perlombaan pidato yang notabennya ngomong di depan umum. Aku lupa lagi waktu itu nomor urut berapa, kalo gak salah pertengahan sih. Nomor urut aku pun dipanggil, sebelum masuk aku minta doa dulu ke guru pembimbing aku. Aku pun masuk, dan darrr aku gak bisa ngontrol diri aku, aku gemeteran karena rasanya beda waktu pas seleksi antarkelas, mungkin karena udah kenal ya sedangkan ini aku gak kenal sama sekali sama jurinya. Aku pun pidato, but tangan aku gemetar, ekspresi aku keliatan gugup, dan suara aku kecil, gak ada menariknya sama sekali. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline