Lihat ke Halaman Asli

illene virgina yasinta

Mahasiswi UNDIP 2018

Mahasiswi Undip Memberikan Edukasi untuk Mengurangi Tingkat Penyebaran Virus Covid-19!

Diperbarui: 6 Agustus 2021   12:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemasangan Poster di RW 24 Kelurahan Sendangmulyo (dokpri)

(Semarang (06/08/2021) - KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2020/2021 membawa tema Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat dimasa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata". Mahasiswa diminta untuk melaksanakan program yang berkaitan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan upaya dalam mengurangi tingkat penyebaran virus Covid-19. KKN ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni 2021 hingga tanggal 12 Agustus 2021 di wilayah domisili masing-masing. 

Illene Virgina Yasinta (21) sebagai salah satu mahasiswi yang melaksanakan KKN di Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang telah melaksanakan 2 program di RW 24. Program pertama terkait dengan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara menggunakan double mask dengan benar dan fungsinya, serta pentingnya melakukan vaksinasi. Program ini dilaksanakan dengan menempelkan poster dibeberapa titik yang berada di RW 24 Kelurahan Sendangmulyo dan dilanjut dengan memberikan materi berupa video presentasi dan berdiskusi secara online melalui aplikasi WhatsApp dengan masyarakat RW 24 Kelurahan Sendangmulyo. 

Program kedua yaitu sosialisasi kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang tertuang dalam Peraturan Walikota No. 6 Tahun 2021 Tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dalam rangka Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Kota Semarang, yang merupakan perubahan ketiga atas Peraturan Walikota No. 57 Tahun 2020. Tujuan dari PPKM ini adalah untuk menekan angka penularan COVID-19 di lingkungan keluarga. Program ini dilaksanakan dengan memberikan materi dan berdiskusi dengan masyarakat RW 24 Kelurahan Sendangmulyo secara online melalui aplikasi Zoom. Dalam materi ini menjelaskan apa saja yang diatur dalam Peraturan Walikota No. 6 Tahun 2021.

Program ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana penggunaan double mask yang benar dan manfaat dalam penggunaannya, serta mengetahui keuntungun dari melakukan vaksinasi dan diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan dan jam operasional bagi tempat-tempat yang memiliki tingkat tinggi membentuk kerumuman untuk membantu pemerintah dalam rangka menekan angka penyebaran kasus positif virus Covid-19 di Kota Semarang.

Berdasarkan hasil pengamatan setelah melakukan 2 program tersebut, masyarakat Kelurahan Sendangmulyo mulai memahami pentingnya menggunakan double mask dimasa pandemi Covid-19 yang terlihat dari masyarakat mulai menggunakan double mask dengan benar jika berada diluar rumah dan melakukan vaksinasi untuk meningkatkan imun tubuh. Sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, masyarakat mulai mengikuti aturan yang telah berlaku seperti pasar atau toko beroperasional sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan dan masyarakat yang tidak memiliki keperluan mendesak akan memilih tinggal dirumah. 

Harapannya setelah melaksanakan program KKN diatas, masyarakat Kelurahan Sendangmulyo tetap mematuhi protokol kesehatan dan peraturan seperti yang telah disampaikan, ketua RW yang berada di Kelurahan Sendangmulyo, khususnya ketua RW 24 memantau masyarakat yang berada diluar rumah. Jika tidak mematuhi protokol kesehatan atau peraturan yang telah ditetapkan, maka akan mendapatkan teguran dan selanjutnya mendapatkan sanksi yang sesuai. Diharapkan masyarakat juga saling peduli satu sama lain di lingkungan Kelurahan Sendangmulyo dan mengingatkan bahwa saat ini pandemi belum berakhir.

Penulis             : Illene Virgina Yasinta (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

DPL                : Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes.

Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline