Lihat ke Halaman Asli

Saribah Seorang Wanita

Diperbarui: 7 Agustus 2022   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Almh mbah Masripah/Koleksi pribadi

SARIBAH

            Perempuan dari pasangan Watrosaliman bernama Saribah sangat minim informasi yang diketahui. Saya sendiri yang mendapat informasi dari nenek saya Mbah Masripah, saya menulis dari cerita-cerita nenek saya tahun 2018 dan yang mengetahui saya sendiri. Saribah kemungkinan lahir tahun 1801-1830. Era pangeran diponogoro yang mengusir Hindia Belanda dan tahun terjadi perang jawa, rakyat  yang jatuh tertindas atanya kaum elit yang menguasahi pulau jawa.

            Arti nama dari Saribah adalah nama popular tahun 1950 untuk anak perempuan, nama Saribah paling cocok untuk anak. nama Saribah paling banyak dipakai dikota Jakarta, Bandung Semarang. Saya sendiri mencari nama arti Saribah di internet diatas, tetapi nama adalah doa dari orang tua yang memberikan kebuah hati anaknya. Saribah sendiri mempunyai anak bernama Matrawi dari pasangan Watrosaliman. Matrawi meningkah dengan Sarinah diberi 3 anak Kawit, Masripah, Semi. Nenek saya masripah lah yang memberi tau cerita dari buyut ada seseorang peria yang pintar bernama Watrosaliman dan istrinya bernama Saribah.

            Meninggal Saribah tidak diketahui pastinya dan makam tidak diketahui mimimnya informasi zaman dulu yang tertindas akibat kaum elit yang menguasai Nusantara. Hanya cerita dari mulut ke mulut  dari buyut ke nenek ke ibu dan anak ke cucu hingga cicit. Tetapi seseorang yang sukses adalah orang yang bisa mengetahui jati dirinya dan mengetahui sejarah leluhur yang di ingat dipelajari. Seorang yang menghargai sesama  dan mencari ilmu dan belajar menjadi orang yang baik dan bisa bermanfaat bagi terhadap masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline