Lihat ke Halaman Asli

Pengelolaan Email di Office 365, asik juga

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14208929701743029695

[caption id="attachment_363944" align="aligncenter" width="672" caption="email di Office 3"][/caption]

Berbagi pengalaman tentunya bisa jadi pembanding atau menjadi acuan dalam menilai sesuatu yang telah dikerjakan orang lain, bisa bersifat subjektif ataupun objektif. Disini saya coba bercerita sedikit pengalaman tentang bagaimana mudahnya pengelolaan email  di Office 365 yang begitu fleksibel dan bagaimana harapan untuk penggunaanya didalam pembelajaran.

Setelah kita memiliki akun di office 365, salah satu aplikasi yang sudah terintegrasi yang bisa kita manfaatkan salah satunya adalah Outlook, aplikasi pengelolaan email. Dari hasil eksplorasi yang sudah saya lakukan beberapa fasilitas yang akan sangat membantu kita dalam pengelolaan email adalah Fasiltas membuat email baru, folder, orang , group dan Auto replies.

Sama halnya dalam membuat email, di outlook office 365 kita bisa membuat, merencanakan dan mengirim email ke orang yang kita tuju, juga bisa melampirkan dokumen yang disertakan didalam email kita, nah di office 365 dokumen yang akan kita lampirkan bisa kita ambil dari lokasi penyimpanan data di skydrive, sehingga data yang memang sangat kita butuhkan untuk dibagi tidak harus selalu berada di komputer pribadi kita,jika data kita sudah berada di skydrive, dimanapun, kapanpun kita butuhkan akan sangat mudah kita ambil.

Pada bagian menu outloook, hal baru yang saya temukan dalam pengelolaan email adalah “orang” disini “orang” merupakan tempat untuk memeriksa email dari orang yang sering berkomunikasi dengan kita yang secara otomatis terus muncul sehingga kita tidak melewatkan email dari mereka.

142089625923361067

Kemudian Group, di Group kita bisa mengambil bagian dari percakapan, membagikan dokumen dan juga menjadwalkan acara, sehingga di group kita bisa membuat pengelolaan yang teratur dengan jumlah dan kebutuhan orang-orang didalamnya sehingga tidak bercampur aduk email yang ada didalam pengelolaan kita.

Dan jangan lewatkan juga Auto replies, di auto replies kita bisa membalas email yang masuk secara otomatis jika dibutuhkan, karena kita bisa mengatur jadwalnya ketika kita berhalangan untuk terus bisa membuka email.

Beberapa fasilitas yang sudah saya ceritakan diatas mungkin masih bagian kecil dari kemudahan pengelolaan email di office 365, ini tidak terlepas dari kesempatan yang saya dapatkan untuk bisa mengeksplorasi office 365 setelah atau masih dalam proses mengikuti pelatihan Online Guru.

Dari sini saya melihat bagaimana office 365 sangat baik dan mendukung untuk bisa kita kolaborasikandidalam pembelajaran, salah satunya fasilitas di email yang didalamnya kita bisa membuat sebuah group “multitasking”mulai dari percakapan, berbagi dokumen dan menjadwalkan acara kegiatan kita secara bersama didalam pembelajaran tentunya dengan fasiltas penyimpanan online yang diberikan office 365 juga akan sangat membantu.

Demikian sedikit tentang pengalaman saya di pengelolaan office 365, tentunya masih banyak kekurangan, ditunggu masukan dan tulisan teman-teman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline