Lihat ke Halaman Asli

Dari Santri untuk Negeri

Diperbarui: 16 Oktober 2022   12:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kemenagpolman.id

                                                                                                                       

     Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya dan beragam suku budaya-   nya. Kita bisa merasakan dan menikmati segala sumber daya alam yang ada di Indonesia ini berkat jerih payah para pahlawan yang telah gugur mendaahului kita. Tak hanya itu para kaum golongan dari pesantren pun ikut andil dalam proses Kemerdekaan Indonesia. Para kaum dari pesantren itu, yakni para kyai dan santri. Para kyai menyumbangkan pemikiran-pemikirannya untuk membantu para aktivis pergerakan demi memerdekakan tanah air tercinta ini dari belenggu kolonialisme. Sedangkan para santri juga menyumbangkan tenaganya di garda terdepan yaitu turut berjuang bersama para pasukan gerilya menghadapi pasukan penjajah. Oleh sebab itu jasa kaum golongan dari pesantren sangat besar bagi negara Indonesia ini.

Pengertian Santri

        Berbicara mengenai santri yang ikut berperan andil dalam memerdekakan Indonesia ini, tentu timbul pertanyaan siapakah dan apa itu santri?. Santri mempunyai berbagai istilah dan tafsiran yang beragam. Santri berasal dari kata bahasa inggris yakni SUN THREE yang mempunyai arti tiga matahari. Sebenarnya hal tersebut hanyalah sebuah metafor atau perumpamaan. Makna dari tiga matahari sendiri yaitu iman, islam, dan ihsan. Seorang santri tentu harus memiliki ketiga sifat diatas, karena karakter pesantren sangat melekat akan ketiga sifat tersebut. Santri adalah orang yang menimba dan mencari ilmu di sebuah pondok pesantren. Seseorang yang rela merantau dan meninggalkan tanah kampung halamannya demi ia menuntut ilmu di sebuah pondok pesantren. Seseorang yang rela meninggalkan kesenangan dunia dan hidup sederhana seadaanya demi untuk menggapai ilmu yang ada di pondok pesantren.

Sifat Yang Melekat Pada Santri

        Seorang santri yang hidup di pondok pesantren tentu mempunyai sifat-sifat dan karakter yang unik karena terbentuk dari lingkungan pondok pesantren. Sifat sifat dari seorang santri diantaranya yaitu :

  • Taat dalam Beribadah

        Seorang santri tentu sangat disiplin dalam hal beribadah. Karena para santri sudah belajar banyak akan ilmu dalam beribadah yang diajarkan oleh para guru dan kyai. Banyak kitab yang memahas tentang tauhid yang berguna bagi santri untuk mempertebalkan keimanan. Para santri juga belajar kitab fiqih untuk mengetahui kaidah-kaidah cara beribadah kepada Allah. Para santri juga belajar kitab hadits untuk mengamalkan sunah-sunah dan meneladani sikap nabi Muhammad SAW.  

 

  • Taqdim dan patuh terhadap Kyai

        Seorang santri tentunya pasti mempunyai sifat yang taqdim dan patuh terhadap kyai. Karena seorang santri paham bahwa ia mendapatkan ilmunya dari guru dan kyainya tersebut. Apabila seorang santri tidak memiliki sifat ini dan membuat guru atau kyainya marah dan kecewa, maka ia tidak akan menggapai barokah dan kemanfaatan ilmu, karena ridho Allah ada pada ridho guru.

  • Berakhlakul Karimah

        Sudah tidak diragukan bahwa kebanyakan santri yaitu mempunyai akhlak berakhlakul karimah. Salah satu fokus dan misi dari sebuah pondok pesantren yakni bagaimana lembaga tersebut berhasil mencetak santri yang berakhlakul karimah. Al adabu fauqol ilmi, adab itu diatas dari ilmu. Maksud dari mahfudzot tersebut yakni seseorang yang berilmu itu tidak ada gunanya apabila dia tidak mempunyai adab. Pintar itu perlu, karena di zaman sekarang kita dituntut agar menjadi seorang yang multifungsi dalam berbagai hal. Akan tetapi apabila seseorang tersebut tidak mengimbanginya dengan adab dan tata krama. Oleh karena itu, para santri dibentuk di pondok pesantren agar menjadi pribadi yang berilmu dan berakhlak.

  • Peka akan Keadaan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline