Lihat ke Halaman Asli

admin

Kompas

Tim PKM PNUP Berhasil Mengolah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aromaterapi

Diperbarui: 13 Agustus 2024   19:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto PKM PNUP Praktik Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Lilin (Dokpri)

Dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang yang tergabung dalam tim Program Kemitraan Masyarakat PNUP telah melaksanakan salah kegiatan PKM Praktik pengolahan minyak jelantah menjadi lilin kepada masyarakat Pampang yang dilaksakan pada hari kamis, 8 Agustus 2024 di kelurahan Pampang, Kecamatan Panakkukang. Tim PKM yang terdiri dari 4 dosen M. Ilham Nurdin, Ridhawati, Setyo Erna Widiyanti, dan Harun Pampang, dan 2 mahasiswa yaitu Iendry Aysah Nurputri Niswar SM, dan Rezfita Dwi Amelia. Kegiatan ini melatih masyarakat untuk dapat mengolah minyak jelantah menjadi lilin.

Minyak jelantah dapat diolah menjadi lilin aromaterapi dengan memanaskan minyak dan menambahkan parafin ke dalam minyak yang panas tersebut hingga seluruh parafin meleleh. Adonan tersebut dapat ditambahkan pewarna yang larut dalam minyak seperti krayon atau pewarna sintetik based oil untuk memberikan tampilan fisik warna sesuai dengan selera. Adonan juga dapat ditambahkan dengan parfum/ aromaterapi secukupnya dan diaduk hingga merata. Adonan kemudian diletakkan ke dalam wadah lilin seperti gelas yang telah diberi sumbu pada bagian tengah sebelumnya. Adonan kemudian ditunggu hingga mengeras hingga lilin siap untuk digunakan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami selaku warga karena memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk dapat mengolah minyak jelantah menjadi sabun yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat” Ungkap Ketua RT 1 RW 3 Kelurahan Pampang.

Terlihat warga begitu antusias dalam kegiatan ini dan ingin terus mencobanya secara langsung. Kegiatan ini memberikan keterampilan kepada warga Pampang untuk mengolah minyak jelantah menjadi suatu produk yang dapat dimanfaatkan seperti lilin. Lilin yang dihasilkan dalam kegiatan ini langsung diuji coba oleh warga dan telah terbukti lilin dapat menyalakn api dengan stabil. Warga begitu tertarik melihat warna lilin yang indah. Warga juga merasa menikmati bau dari lilin yang sedang menyala yang telah dicampurkan dengan bahan aromaterapi sebelumnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline