Lihat ke Halaman Asli

Ilham Rahmat Saputro

MAHASISWA KKN UNDIP TIM II 2021

Mahasiswa KKN Undip Meningkatkan Produktivitas Santri dengan Sosialisasi Healthy Lifestyle dan Tips Menjaga Imunitas Tubuh

Diperbarui: 11 Agustus 2021   09:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pemaparan Sosialisasi Pola Hidup Sehat dan Tips Menjaga Imunitas Tubuh. (Dokpri)

Kab. Semarang (26/07/21) - Dikarenakan COVID-19 masih menjadi masalah utama di Indonesia, tidak sedikit santri yang bingung dengan korelasi antara kekebalan tubuh dengan COVID-19. Hal ini juga dikarenakan keterbatasan santri untuk menggunakan HP. Pola hidup yang sehat disertai pengetahuan mengenai imunitas tubuh dapat memperbaiki kebiasaan buruk sekaligus kekebalan tubuh tiap individu. 

Pada Pondok Pesantren Zamzam Al-Hazim, masih perlu ditingkatkan kembali edukasi mengenai Healthy Lifestyle dan tips menjaga imunitas tubuh yang baik. 

Dengan tingkat pengetahuan yang baik maka diharapkan semua warga pondok pesantren dapat menjaga pola hidup sehat dan mengerti bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh sehingga santri dapat mengerti apa yang harus dilakukan di masa pandemi COVID-19.


Menanggapi permasalahan yang ada, Ilham Rahmat Saputro (21) Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dari Fakultas Kedokteran membuat program edukasi mengenai Healthy Lifestyle dan Tips Menjaga Imunitas Tubuh kepada para santri dari Pesantren Zamzam Al-Hazim. Program tersebut dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan serta membatasi jumlah peserta sosialisasinya.

Gambar 2. Sosialisasi dilakukan dengan membatasi peserta dan menjaga Protokol Kesehatan (Dokpri)


Dengan adanya pengetahuan mengenai hidup sehat dan cara menjaga imunitas tubuh dengan baik, para santri dapat lebih memperhatikan bagaiman cara meningkatkan kualitas hidup yang kemudian dapat meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19.

Mahasiswa disambut baik dan direspon dengan cukup baik oleh anak-anak pondok pesantren. Luaran yang diberikan kepada ponpes berupa poster dan modul mengenai materi sosialisasi sehingga memudahkan para santri untuk membaca kembali materi yang diberikan.

Penulis :  Ilham Rahmat Saputro

Kabupaten Semarang, 26 Juli 2021

Santri Sehat! Semua Sehat!

- BERGERAK BERSAMA WUJUDKAN AKSI NYATA -




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline