Lihat ke Halaman Asli

Ilham Fatikhul

Pelajar sekolah

7 Menu Sup Terenak di Asia Tenggara Versi Tasteatlas

Diperbarui: 20 Februari 2024   08:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indozone Food.com

Ada banyak sekali macam2 sup yang ada di asia tenggara, berikut merupakan 7 menu sup dari asia tenggara yang paling populer dan diminati turis maupun warga lokal.

 

1.  Tom yum( Thailand)

Cookpad.com

Tom Yum adalah salah satu masakan Thailand paling terkenal, sup pedas, asam, dan aromatik yang secara tradisional disajikan dengan nasi. Terdiri dari bawang merah, serai, kecap ikan, jahe atau lengkuas segar cincang, udang, jamur, daun jeruk purut, air jeruk nipis, dan cabai Thailand cincang.

Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka, tom yum secara tradisional diberi taburan daun ketumbar di atasnya. Karena popularitasnya, berbagai versi sup mulai bermunculan selama bertahun-tahun, seperti tom yum gai, dengan tambahan ayam, dan tom yum talay, dengan campuran makanan laut.

Ada juga versi yang dibuat dengan daging babi. Penuh nutrisi, beraroma, mengenyangkan, dan menyehatkan, tom yum adalah salah satu masakan Thailand paling populer karena suatu alasan.

2.    Rawon ( Indonesia)

Indozone Food.com

Rawon merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dari daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, unsur kuncinya adalah buah kluwek , kacang hitam Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline