Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Jalan Terjal Messi untuk Pecahkan Rekor Pendahulunya di Copa America

Diperbarui: 8 Juli 2024   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lionel Messi. (Afp/pedro pardo dipublikasikan kompas.com)

Sampai saat ini Lionel Messi memang pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Argentina. Messi membuat 108 gol bagi Argentina sampai sejauh ini.

Messi unggul jauh dari peringkat dua pencetak gol terbanyak Argentina sepanjang masa. Peringkat dua adalah Gabriel Batistuta yang membuat 56 gol.

Jumlah gol Messi pun berpotensi bertambah karena dia masih aktif main bagi timnas Argentina. Sementara Batistuta sudah pensiun dari timnas Argentina pada 22 tahun lalu.

Messi memang jawara sebagai tukang jebol gawang lawan bagi Argentina. Tapi untuk urusan topskor Copa America, Messi masih kalah dari pendahulunya, Norberto Mendez.

Mendez adalah pemain timnas Argentina dari tahun 1945 sampai 1956. Selama itu, Mendez mencetak 19 gol bagi Argentina. Dari 19 gol, sebanyak 17 gol dia cetak di Copa America.

Dia sampai saat ini adalah pencetak gol terbanyak Copa America sepanjang masa. Mendez nangkring di posisi atas pencetak gol Copa America sepanjang masa bersama striker Brasil Zizinho.

Mendez membuat 17 gol di tiga Copa America. Di Copa America 1945 Mendez membuat 6 gol. Pada Copa America 1946, Mendez membuat lima gol. Di Copa America 1947, Mendez membuat 6 gol.

Di masa itu, ajang Copa America memang belum konsisten. Kadang setahun sekali, dua tahun sekali, bahkan empat tahun sekali. Untuk saat ini Copa America sudah paten empat tahun sekali.

Kembali ke Mendez, capaiannya 77 tahun lalu itu masih bertahan sampai saat ini. Memang tak mudah untuk menyamai capaian Mendez. Apalagi saat ini Copa America berjalan empat tahun sekali.

Pemain aktif yang paling dekat dengan Mendez adalah Paulo Guerrero dari Peru. Dia telah membuat 14 gol di Copa America. Namun, sepertinya capaian Guerrero itu akan berhenti. Sebab dia sudah berusia 40 tahun. Kemungkinan empat tahun ke depan dia sudah tak ada di timnas Peru.

Lalu berapa torehan gol Messi? Dia sudah membuat 13 gol bagi Argentina di Copa America. Sebanyak 13 gol itu dia buat di lima Copa America.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline