Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Filipina Bikin Vietnam Pontang-panting, Indonesia Harus Waspada

Diperbarui: 6 Juni 2024   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia saat lawan Filipina di Manila. (dok PSSI dipublikasikan kompas.com)

Filipina memastikan diri gagal lolos ke babak tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebab, mereka kalah 2-3 dari Vietnam, Kamis (6/6/2024). Namun, sekalipun kalah, Filipina mampu membuat Vietnam pontang-panting. Indonesia harus waspada melawan Filipina.

Filipina hanya mengandalkan serangan individual. Serangan balik mereka juga membahayakan. Buktinya serangan balik cepat mengandalkan kemampuan individu mampu membuat Filipina unggul 1-0 atas Vietnam. Gol Filipina dibuat Patrick Reichelt di menit 62.

Untungnya Vietnam mampu membuat dua gol melalui Nguyen Tien Linh di menit 65 da 76. Tapi Filipina tak mau kalah dan mampu menyamakan kedudukan di menit 89 melalui Ingreso. Tapi Vietnam yang terus mengurung pertahanan Filipina, mampu mencetak gol ketiga melalui Pham Tuan Hai.

Cara main Filipina yang sangat pragmatis memang bisa merepotkan. Mereka bisa menumpuk enam pemain di lini belakang. Mereka mengandalkan serangan balik yang berbahaya.

Maka, Indonesia jangan anggap enteng. Indonesia harus waspada denga Filipina. Khususnya terkait serangan balik Filipina.

Indonesia akan bisa lolos ke babak tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia jika mampu mengalahkan Filipina. Laga Indonesia vs Filipina akan berlangsung pada 11 Juni 2024.

Sementara, Vietnam tentu akan berusaha mendapatkan kemenangan di Basra. Hanya kemenanganlah yang membuat Vietnam masih memiliki kans untuk lolos ke babak ketiga. Tentunya, mereka juga bergantung pada hasil Indonesia vs Filipina.

Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan diikuti 18 tim. Sebanyak 18 tim itu terbagi dalam tiga grup. Nantinya, dua teratas masing-masing grup akan lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara posisi tiga dan empat akan melakoni fase kelima untuk berebut dua tiket. Selanjutnya, di fase kelima, tim yang ada di posisi dua akan melakoni playoff berjenjang guna memperebutkan satu tiket. Jadi, masih sangat panjang jalan yang harus ditempuh tim di Asia untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline