Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Dua Gol ke Gawang Uzbekistan Dianulir karena Ramadhan Sananta

Diperbarui: 30 April 2024   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ramadhan Sananta. (Kompas.com/m sadheli)

Ada satu hal yang cukup menarik ketika melihat Indonesia kalah dari Uzbekistan dengan skor 0-2 di Asian Games tahun lalu dan Piala Asia U23 tadi malam. Yakni soal gol yang dianulir.

Uniknya dua gol yang dianulir itu karena posisi Ramadhan Sananta. Dia terlihat lebih ke depan daripada pemain Uzbekistan. Situasinya persis dan mirip. Ini harus jadi pelajaran bagi Ramadhan Sananta.

Tahun lalu ketika Asian Games, mulanya dari tembakan bebas Rizky Ridho dari sayap kiri. Saat dia menendang ternyata Ramadhan kepergok offside. Bola lalu ditanduk Ramadhan dan gol.

Kala itu tidak ada VAR, tapi posisi Ramadhan memang terlihat offside. Sehingga gol dianulir. Saat itu Indonesia gagal menyamakan kedudukan dan akhirnya kalah 0-2.

Kini di Piala Asia U23 situasinya juga sama. Saat Arhan mengirim umpan dari sayap kiri, Ramadhan offside, lalu terjadi kemelut dan Ferrari mencetak gol berkat umpan Sananta.

Situasinya jelas jelas sama. Ramadhan Sananta tak melihat pemain di belakangnya yang posisinya lebih ke depan. Alhasil offside terjadi. Indonesia akhirnya kalah 0-2 di semifinal Piala Asia U23.

Dari dua laga melawan Uzbekistan, bisa jadi pelajaran penting bagi Sananta ke depannya. Sebab situasi offsidenya sama. Saya tak mau menyalahkan Ramadhan Sananta, tapi ini jadi pelajaran sangat berharga bagi Sananta.

Memang Kalah Kelas

Kekalahan Indonesia atas Uzbekistan di Piala Asia U23 menurut saya memang wajar. Indonesia kalah kelas dari Uzbekistan. Walaupun memang wasitnya meragukan. Tapi memang Indonesia kalah kelas.

Uzbekistan bermain sangat melakukan pressing sehingga Indonesia tak berkembang. Lini tengah Indonesia juga kalah dalam banyak kesempatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline