Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Saat Cabang Olahraga Tak Populer, Berjasa Angkat Indonesia

Diperbarui: 3 Oktober 2023   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Muhammad Sejahtera Dwi Putra. (NOC Indonesia/m rifqy priadiansyah)


Sampai tulisan ini dibuat, Selasa (3/10/2023) siang, Indonesia baru mendapatkan empat medali emas. Kesemua medali itu didapatkan dari cabang yang tak populer, setidaknya itu pandangan subjektif saya.

Dua medali emas dari menembak atas nama Muhammad Sejahtera Dwi Putra. Satu medali emas dari wushu atas nama Harris Horatius. Satu medali emas atas nama Amellya Nur Sifa.

Menembak, wushu, dan sepeda adalah cabang yang kalah populer dengan hingar bingar sepak bola dan bulu tangkis. Tapi sampai sejauh ini, justru cabang tak populer itulah yang mengangkat bendera Indonesia.

Jangan-jangan, memang DNA Indonesia itu untuk cabang-cabang yang tak populer. Jangan-jangan cabang tak populer itu memiliki bibit unggul yang layak bertanding di tingkat dunia?

Tidak ada salahnya jika pemerintah sangat serius pada cabang yang tak populer ini. Tidak ada salahnya pemerintah mengucurkan dana agak mendingan pada cabang tak populer ini.

Kemudian, akan lebih baik jika cabang tak populer ini diurus oleh mereka yang paham. Mereka yang tahu seluk beluk cabang tak populer ini. Pengurus yang paham dan mau banyak berjuang.

Jangan diberikan pada orang-orang yang hanya cari makan dari olahraga dan mengesampingkan peningkatan prestasi atletnya. Jangan sampai diurus oleh mereka yang menggunakan posisi itu untuk kepentingan non olahraga.

Siapa tahu kelak nantinya Indonesia akan bisa sangat berkibar untuk olahraga yang non populer itu. Siapa tahu olahraga yang non populer itu kemudian jadi populer dan digandrungi.

Jika banyak yang menggandrungi, maka potensi ditemukannya bibit unggul akan lebih banyak.

Ya seperti contoh, 30 tahun lalu siapa yang tahu sepak terjang angkat besi kita? Tapi sejak 2000, angkat besi selalu memberikan medali bagi Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline