Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melempem di MU, Jadi Pahlawan di Belanda

Diperbarui: 11 September 2023   06:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wout Weghorst. (AFP/PIROSCHKA VAN DE WOUW dipublikasikan kompas.com)

Wout Weghorst sepertinya lebih ditakdirkan untuk bermanfaat bagi Belanda. Terbaru, dia kembali jadi pahlawan Belanda ketika mengalahkan Republik Irlandia 2-1 di kualifikasi Euro 2024, Senin (11/9/2023).

Weghorst kali pertama menyita perhatian publik dunia adalah ketika mencetak dua gol ke gawang Argentina di Piala Dunia 2022. Dua golnya membuat Belanda mampu menyamakan kedudukan 2-2. Walau pada akhirnya Belanda kalah adu penalti.

Mungkin karena performa itu, Manchester United (MU) mendatangkan Weghorst untuk menjadi penggempur di lini depan. Tapi, semua tahu Weghorst gagal di MU.

Sampai kemudian dia ke Hoffenheim, peserta Liga Jerman. Di awal musim ini, Weghorst belum mencetak gol bagi Hoffenheim. Tapi itu tak menyurutkan niat pelatih Belanda Ronald Koeman membawa Weghorst ke skuad untuk kualifikasi Euro bulan ini.

Saat lawan Yunani beberapa hari lalu, Weghorst jadi starter dan mencetak satu gol. Belanda mengalahkan Yunani dengan skor 3-0.

Terbaru, ketika melawan Republik Irlandia, Weghorst tak ada di daftar starter. Ketika Weghorst tak ada, Belanda hanya bisa main seri 1-1. Gol Republik Irlandia melalui penalti Adam Idah. Gol Belanda melalui penalti Cody Gakpo.

Sampai kemudian Weghorst masuk ke lapangan. Dia pun membuat gol bagi Belanda di awal babak kedua. Golnya membuat Belanda memang 2-1 atas Republik Irlandia.

Kemenangan ini membuka peluang Belanda lolos ke Euro 2024. Belanda kini ada di posisi dua klasemen sementara dengan 9 poin dari 4 laga. Masih ada 4 laga lain. Jika Belanda konsisten ada di dua besar, mereka akan lolos ke Jerman tahun depan.

Bagi Weghorst sendiri, takdirnya mungkin memang dengan Belanda. Bisa saja dia tak luar biasa di klub, tapi di Belanda dia bisa jadi bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline