Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Joselu: Debut di Umur 32, Bikin 2 Gol untuk Spanyol, Dulu Dibuang Madrid

Diperbarui: 26 Maret 2023   07:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Morata (kiri) dan Dani Olmo merayakan gol ke gawang Norwegia.  (foto: AFP/CRISTINA QUICLER dipublikasikan kompas.com) 

Ada momen saat Spanyol menjamu Norwegia di kualifikasi Euro 2024, Minggu (26/3/2023) dinihari WIB. Lalu, saat nama Joselu  muncul di layar kaca menggantikan Alvaro Morata, saya merasa tak asing. Setelah saya cari ke sana ke mari saya jadi ingat bahwa Joselu pernah main di Newcastle United.

Nama Joselu tidak terlalu mentereng sebagai striker. Tapi di musim ini dia mampu membuat banyak gol bagi Espanyol. Pemain dengan nama lengkap Jose Luis Mato Sanmartin  itu membuat 12 gol bagi Espanyol musim ini.

Hal itu yang membuat Joselu dipanggil pelatih Timnas Spanyol Luis de la Fuente untuk kualifikasi Euro 2024. Saat melawan Norwegia, Spanyol memang kesulitan membuat gol. Bahkan, mereka hanya bisa membuat satu gol sampai menit 80.

Ketika Joselu masuk, kondisi berubah. Joselu tipikal penyerang satu sentuhan. Dia membuat dua gol ke gawang Norwegia dengan satu sentuhan. Gol pertama dengan sentuhan kepala dan gol kedua dengan sentuhan kaki.

Membuat debut di usia 32 tahun jelas sangat terlambat. Tapi, tentu menyenangkan bagi Joselu karena selain debut, dia juga membuat dua gol bagi Spanyol. Di laga itu Spanyol mengalahkan Norwegia 3-0. Satu gol lain Spanyol dibuat Dani Olmo di babak pertama.

Nama Joselu memang tak terlalu mentereng. Walaupun di masa mudanya dia pernah bermain di Real Madrid. Dia banyak bermain di Madrid B. Namun, di senior dia hanya main dua kali di ajang LaLiga bagi Madrid.

Setelah tak dipakai Madrid, Joselu malang melintang ke banyak tempat. Dia pernah di Hoffenheim, Newcastle, Stoke, dan beberapa klub lain. Main pindah-pindah Joselu juga tidak terlalu moncer. Tetap saja dia tak banyak gol.

Terakhir sebelum ke Espanyol, Joselu hanya buat 36 gol bagi Alaves dalam tiga musim. Tentu hal itu bukan pencapaian yang istimewa. Tapi, kini dia telah tajam bersama Espanyol.

Joselu bisa saja menjadi solusi atas lini depan Spanyol yang begitu-begitu saja. Bisa saja, Joselu menggantikan peran Alvaro Morata. Jika pun tidak, sepertinya Fuente akan memberi kesempatan yang lebih banyak pada Joselu di skuad utama Timnas Spanyol.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline