Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Fix, Indonesia Gagal ke Piala Asia U17, Jangan Hujat Pemain Muda

Diperbarui: 10 Oktober 2022   06:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para pemain Timnas U17 (putih) saat melawan Palestina. Foto: kompas.com


Timnas Indonesia U17 gagal lolos ke Piala Asia U17. Indonesia yang hanya jadi runner up grup, tak masuk sebagai enam runner up grup terbaik.

Indonesia gagal jadi enam runner up grup terbaik karena Arab Saudi hanya menang 2-1 atas India. Hasil itu membuat India masuk dalam enam runner up grup terbaik.

Kualifikasi Piala Asia U17 tahun 2023 terbagi dalam 10 grup. Tiap juara grup otomatis lolos ke Piala Asia U17 tahun depan. Sementara enam runner up terbaik juga lolos ke Piala Asia U17 tahun depan.

Indonesia dipastikan tidak jadi juara grup B setelah dibantai 1-5 oleh Malaysia di laga terakhir. Maka, Malaysia yang berhak lolos langsung ke Piala Asia U17 dengan status juara grup B.

Indonesia sebenarnya masih memiliki peluang lolos sebagai salah satu dari enam runner up terbaik. Tapi peluang itu tertutup setelah runner up di grup lain lebih baik dari Indonesia.

Negara ASEAN yang Lolos

Ada 16 tim yang akhirnya lolos ke Piala Asia U17 tahun depan. Empat di antaranya adalah negara ASEAN. Mereka adalah Vietnam, Thailand, Laos, dan Malaysia.

Sementara 12 tim lain adalah India, Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, China, Australia, Qatar, Yaman, Tajikistan, Uzbekistan, Afghanistan, dan Iran.

Piala Asia U17 akan dilaksanakan pada 3 sampai 20 Mei 2023. Tuan rumah ajang tersebut belum diputuskan.

Jangan Sudutkan

Satu hal lagi, Indonesia memang gagal ke Piala Asia U17. Tentu saja mengecewakan. Apalagi gagal karena kalah telak dari Malaysia yang beberapa hari lalu diledek karena seri lawan Guam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline