Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

SBY Minta Luhut Beberkan Siapa Penunggang Demo Omnibus Law

Diperbarui: 12 Oktober 2020   19:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Susilo Bambang Yudhoyono. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO dipublikasikan Kompas.com

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan beberkan siapa yang menunggangi aksi demo terkait Omnibus Law, khususnya terkait UU Cipta Kerja. Tentu saja, pembeberan itu dilakukan jika memang ada yang menunggangi.

Hal itu seperti dicuitkan oleh politikus Partai Demokrat Andi Arief di twitter. Dari cuitan Andi, SBY diketahui meminta penjelasan pada 3 Menko. "Pak Airlangga Hartarto, Pak Luhut Panjaitan dan Pak Prof @mohmahfudmd dan BIN, diminta Pak SBY untuk menjelaskan ke publik soal penunggang aksi Omnibus law jika ada. Agar pemerintah tidak dianggap membuat hoak ke masyarakat," begitu cuit andi Arief, Senin (12/10/2020).

Setidaknya ada tiga poin dari cuitan Andi terkait permintaan SBY. Pertama SBY meminta penjelasan dari pemerintah siapa yang menunggangi aksi UU Cipta Kerja. Kedua, tentu hal itu diungkapkan jika memang ada yang menunggangi. Ketiga, penjelasan pemerintah perlu agar pemerintah tak dituding menyebarkan hoaks.

Pernyataan SBY ini seperti ingin meminta kejelasan karena sebelumnya Menko Perekonomian Airlangga pernah bilang sudah tahu siapa yang berada di balik demo UU Cipta Kerja. Selain itu, SBY sepertinya ingin meminta kejelasan karena dia menjadi salah satu yang disudutkan terkait demo UU Cipta Kerja.

Ada yang menyebutkan bahwa SBY adalah pihak yang mendanai demo tersebut. Namun, tembakan itu langsung ditepis oleh politisi Partai Demokrat. Pihak Demokrat melalui kadernya sudah menjelaskan bahwa tak benar SBY berada di balik demo tersebut.

Diketahui, ramai demo terjadi karena penolakan pada UU Cipta Kerja. Mereka yang melakukan demo adalah yang menilai bahwa UU Cipta Kerja merugikan buruh. Demo pun terjadi di beberapa tempat. Bahkan, ada demo yang berujung dengan kerusuhan.

Sementara itu dalam isu terkait UU Cipta Kerja ini, Partai Demokrat adalah satu di antara dua partai yang tak sepakat pengesahan UU yang masuk dalam Omnibus Law itu. Bahkan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono pun meminta maaf karena tak berdaya melawan pengesahan UU Cipta Kerja. Selain Demokrat ada juga PKS yang menolak pengesahan UU Cipta Kerja.

Tunggu Respons

Pernyataan SBY melalui Andi Arief ini tentu menunggu respons pemerintah. Apa yang akan dijelaskan pemerintah. Namun, satu fakta baru juga secara tak langsung menjelaskan ada yang bermain di air keruh.

Hal itu terjadi dalam demo di Medan. Diketahui, Ketua Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Medan ditangkap pihak kepolisian. Penangkapan dilakukan karena yang bersangkutan penyerukan penghasutan, ujaran kebencian, dan anarki dalam demo di Medan yang menolak UU Cipta Kerja.

Secara tak langsung, bahwa benar demo tersebut ditunggangi. Setidaknya itulah yang terjadi di Medan. Kalau daerah lain, tak tahu lah. (*)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline