Lihat ke Halaman Asli

rokhman

TERVERIFIKASI

Kulo Nderek Mawon, Gusti

Mutiara Lazio Patut Dicoba Timnas Spanyol

Diperbarui: 25 Juli 2020   07:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Luis Alberto (kiri). Foto: TWITTER.com/OFFICIALSSLAZIO dipublikasikan Kompas.com

Luis Alberto memberikan sinyal yang kuat pada Timnas Spanyol. Dia membuktikan bahwa dirinya adalah pemain berkelas di Lazio. Sudah saatnya Luis Alberto diberi kesempatan di tim inti Timnas Spanyol.

Statistiknya di Liga Italia musim ini telah menjelaskan bahwa Luis Alberto bukan pemain kacangan. Dikutip whoscored, Alberto yang berposisi sebagai gelandang sentral ini, sudah membuat 15 assist.

Di daftar top assist Liga Italia Serie A sampai pekan 35 musim ini, Alberto hanya kalah dari gelandang Atalanta Papu Gomez. Tapi, Gomez hanya unggul satu assist dari Alberto.

Sebagai gelandang, dia telah mencetak 6 gol bagi Lazio di Liga Italia Serie A musim ini. Akurasi passingnya juga tak buruk yakni 83,5 persen. Untuk urusan melakukan tembakan ke gawang lawan,  rata-rata Alberto membuat 2,7 tembakan per pertandingan.

Selama 35 pekan Liga Italia Serie A musim ini, Alberto telah 10 kali menjadi man of the match. Maka, nomor punggung 10 yang diberikan Lazio padanya, saya pikir tak salah alamat.

Itu semua adalah statistiknya. Beberapa hari lalu, saya pun melihat bagaimana visi bermainnya yang bagus. Hal itu terlihat saat striker Lazio Ciro Immobile membuat gol ke gawang Cagliari. Gol itu tak lepas dari kecerdikan Alberto yang memberi umpan terobosan.

Umpan terobosan Alberto membuat Immobile tinggal berhadapan dengan kiper Cagliari. Hingga akhirnya, Immobile membuat gol ke 31 di Liga Italia Serie A musim ini.

Dengan performa yang menurut saya bagus, sudah saatnya pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique mencoba Alberto bermain sebagai pemain inti di Timnas Spanyol. Setelah Cesc Fabregas menua, Alberto adalah sosok yang tepat sebagai pemain utama di posisi gelandang.

Sampai saat ini Alberto yang September nanti berusia 28 tahun, baru sekali bermain untuk Timnas Spanyol. Dia bermain pada November 2017 atau hampir tiga tahun lalu. Itu pun hanya laga uji coba antara Spanyol melawan Kosta Rika.

Lebih tak istimewa lagi, di laga Spanyol vs Kosta Rika, Alberto hanya bermain di 26 menit akhir. Tentu untuk pemain 28 tahun, sekali bermain di Timnas adalah pencapaian yang tak bagus.

Sekali lagi, Luis Enrique yang saat ini memegang kendali Timnas Spanyol sudah saatnya memberi kesempatan pada Alberto. Saya yakin, Alberto akan memberikan pertunjukan yang bagus bersama Spanyol di Euro tahun depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline