Lihat ke Halaman Asli

Mencegah Stunting Itu Penting

Diperbarui: 10 Mei 2023   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

MENCEGAH STUNTING ITU PENTING

Deformitas merupakan masalah kesehatan anak yang utama di banyak negara, terutama di negara berkembang. Stunting terjadi ketika seorang anak tidak tumbuh sesuai usianya karena kekurangan gizi kronis. Masalah ini memiliki efek jangka panjang yang serius pada perkembangan fisik dan kognitif anak dan dapat mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup di masa depan. Oleh karena itu, pencegahan stunting melalui kebijakan kesehatan masyarakat yang efektif sangat penting.

Kesadaran dan Pendidikan Masyarakat:

Salah satu aspek terpenting dari pencegahan stunting adalah meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet seimbang. Kebijakan kesehatan dapat memainkan peran penting dalam memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat tentang nilai gizi yang memadai, pentingnya pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan dan praktik gizi yang baik dalam pemberian makanan bayi. Dengan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang nutrisi yang sehat, kesadaran akan pentingnya perawatan pencegahan harus meningkat dan tindakan pencegahan dapat diterapkan dengan lebih baik.

Akses ke layanan kesehatan berkualitas:

Kebijakan kesehatan yang efektif juga harus memastikan akses yang mudah dan terjangkau ke layanan kesehatan berkualitas. Hal ini membutuhkan peningkatan infrastruktur kesehatan, termasuk layanan kesehatan dan tenaga medis terlatih. Anak-anak yang berisiko mengalami stunting harus mendapatkan perawatan medis dan nutrisi yang tepat sejak usia dini. Kebijakan kesehatan harus memastikan bahwa layanan kesehatan yang diperlukan tersedia di daerah yang berisiko terkena stun, sehingga intervensi dapat dilakukan tepat waktu.

Promosi gizi melalui program makanan tambahan:

Program nutrisi pelengkap merupakan bagian penting dari kebijakan kesehatan untuk mencegah keterlambatan pertumbuhan. Program ini memungkinkan anak-anak berisiko stunting untuk mendapatkan nutrisi tambahan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Program nutrisi tambahan dapat mencakup penyediaan makanan padat nutrisi seperti bahan tambahan makanan, vitamin dan mineral, dan dukungan nutrisi secara teratur. Kebijakan kesehatan harus memastikan bahwa program ini tersedia bagi keluarga yang berisiko tinggi mengalami stunting.

 Pemantauan dan evaluasi berkelanjutan:

Pemantauan dan Evaluasi yang Berkelanjutan: Terakhir, kebijakan kesehatan yang efektif dalam mencegah stunting harus melibatkan pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan. Pemantauan yang baik akan memungkinkan.

Terakhir, kebijakan kesehatan masyarakat yang efektif dalam mencegah perlambatan harus mencakup pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan. Pelacakan yang baik dimungkinkan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline