Lihat ke Halaman Asli

Pembentukan Komunitas Beasiswa Universitas Islam Malang untuk Melatih Softskill Mahasiswa

Diperbarui: 13 Januari 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.



UNISMA (Unversitas Islam Malang) memiliki beberapa beasiswa diantaranya beasiswa KIP-Kuliah, Beasiswa juara, dan Beasiswa OSC. Dari beasiswa tersebut membentuk sebuah komunitas yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa beasiswa dalam mengembangkan Softskill sesuai minat bakat.

Wisam Jaya Pratama, mahasiswa berprestasi prodi Pendidikan Matematika telah berhasil membentuk komunitas beasiswa. Komunitas ini diantaranya (1) Komunitas Sang Penulis Muda, (2) Komunitas Penalaran & Kreativitas Ilmiah, (3) Komunitas Fotografi, (4) Komunitas Kuliner, (5) Komunitas Edupreneur and Technologi, (6) Komunitas Digital Marketing, (7) Komunitas Studi Pengembangan Masyarakat, (8) Komunitas Custom Sepeda Motor, (8) Komunitas Fashion.

Komunitas ini terbentuk pada tanggal 22 Agustus 2022 dengan difasilitasi seperti ruang meeting, perpustakan, dll.

"Untuk menunjang softskil mahasiswa penerima beasiswa dibentuklah komunitas untuk menyiapkan lulusan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja." Ujar Wisam Jaya Pratama di Roemah Kopi pada sabtu siang tanggal (27/8/2022).

Lebih lanjut, dari wawancara yang saya lakukan terhadap ketua komunitas Sang Penulis Muda pada tanggal (28/9/2022), menyakan ada beberapa divisi kepenulisan, antara lain divisi novel, divisi cerpen, divisi puisi, dan divisi karya ilmiah. "Dari setiap divisi diberi tugas membuat 1 karya sesuai dengan divisi masing-masing" ucap ketua komunitas Avila Thio Nafra Agda A.

Dari terbentuknya komunitas ini, penulis berharap komunitas ini mampu meningkatkan semangat belajar mahasiswa, meningkatkan kemauan untuk maju dan membanggakan Nusa dan Bangsa, serta semoga dengan mengikuti komunitas ini membuat mahasiswa mampu bersaing di dunia kerja di kemudian hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline