Krisis ekonomi akibat pandemi berkepanjangan membuat UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak. Guna menyediakan wadah untuk menyambut kembali perekonomian yang berangsur pulih pasca terdampak pandemi Covid-19, Festival UMKM Nusantara 2022 pun digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat .
Mengusung "Restore Economy Bring Back the Activity", Festival UMKM Nusantara 2022 dihadiri lebih dari 30 UMKM perwakilan daerah yang bermaksud menjadikan kegiatan mereka sebagai pameran beragam produk UMKM dari berbagai segmentasi pasar.
Kebutuhan masyarakat, terutama terhadap produk lokal, disebut jadi tujuan dari festival tersebut menyediakan media bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk mengembangkan brand awareness dan sales kepada khalayak masyarakat luas.
Al Fadhli Ghifari selaku penanggung jawab utama Festival UMKM Nusantara 2022, dalam jumpa pers pada Jumat (16/12) pukul 10.30 WIB, menyebut festival itu punya tujuan untuk mengembalikan perekonomian yang sedang bagus-bagusnya seperti sebelum pandemi. "Kita tahu, hampir dua tahun kita struggling dalam hal apapun. Oleh karena itu kita mau bikin suatu acara, media, untuk memperbaiki keadaan ekonomi UMKM tersebut," kata Fadhli.
Membeberkan keinginan Festival UMKM Nusantara, Fadhli mengaku ingin menjadi wadah dan media bagi para UMKM. Sebab, baginya juga, UMKM merupakan salah satu usaha penggerak roda perekonomian Indonesia.
"Karena UMKM kecil-kecil cabe rawit, sebagai salah satu penggerak roda ekonomi bangsa. Saya berharap bisa dilaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya," kata Fadhil.
Ada lebih dari 30 merek dagang UMKM yang ikut serta dalam festival, di antaranya kuliner nusantara, jajanan jadul, hingga yang kekinian atau hits zaman sekarang. Menurut Fadhil, tidak ada kriteria khusus sehingga semua jenis UMKM bisa ikut serta.
"Sekarang kebanyakan kuliner nusantara," kata Fadhli. "kita tidak membatasi sama sekali (mengenai kriteria). Jadi, siapapun UMKM yang berminat, kita welcome banget," lanjutnya.
Salah satu peserta Festival UMKM Nusantara 2022 adalah Kartika Afriyanti dari Baby Crab Bikini Bottom, menjual Korean Street Food bayi kepiting goreng sejak November tahun lalu. Selama ini, ia fokus berjualan online meski punya toko di Meruya, Jakarta Barat.