Lihat ke Halaman Asli

Ilham Arsandi Firmansyah

Mahasiswa Pendidikan Sejarah

Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 di SMPN 168 Jakarta

Diperbarui: 11 Desember 2021   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kampus Mengajar merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka yang memanggil mahasiswa dari seluruh program studi perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan terobosan membuat perubahan, serta mengembangkan diri. Pada masa pandemic Covid-19 mengalami tantangan dalam pembelajaran dan juga harus beradaptasi dengan teknologi serta berkreasi dalam pembelajaran. Mahasiswa Kampus Mengajar akan membantu dalam menunjang pembelajaran di SD dan SMP berbagai daerah di Indonesia. Kampus Mengajar menjadi tantangan dalam dunia pendidikan dan menjadi harapan bagi pemerintah Indonesia melalui sistem pendidikan Kampus Mengajar.

Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021, khususnya di SMPN 168 Jakarta awali dengan menemui Dinas Pendidikan Kota Jakarta Timur untuk melakukan koordinasi untuk lapor diri dan menyerahkan Surat Tugas Belmawa serta Surat Tugas dari Perguruan Tinggi. Kemudian Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur akan memberikan Surat Tugas untuk sekolah sasaran. Selanjutnya kami melakukan koordinasi dengan pihak sekolah melalui Zoom Meeting dan menyerahkan Mahasiswa Kampus Mengajar oleh Dosen Pembimbing Lapangan kepada Kepala SMPN 168 Jakarta.

Dok. pribadi

Kegiatan selanjutnya adalah melakukan observasi SMPN 168 Jakarta untuk mengetahui lingkungan fisik dan non fisik seperti letak sekolah, hingga karakteristik siswa. Kami menemui guru pamong untuk bertanya mengenai sistem pembelajaran di kelas dan bagaimana metode pembelajaran yang benar hingga mengetahui ragam karakteristik siswa di dalam kelas.

Dalam pembelajaran nanti tetap terlaksana walau dihalangi dengan Pandemi Covid-19, pembelajaran akan daring dalam waktu yang belum ditentukan. Selain dari mengajar, kami juga ikut membantu guru-guru seperti membantu merapihkan ruangan perpustakaan, menstempel dan merapihkan buku, hingga membagikan buku baru. Masih banyak lagi selain dari mengajar, seperti membantu administrasi sekolah yang dilakukan dalam ruangan tata usaha. Biasanya menginput data presensi siswa, membantu merapihkan raport, dan lain-lain.

Kemudian ada adaptasi teknologi yang dilakukan oleh kami seperti pembuatan Perpustakaan Online berbasis Linktree agar memudahkan siswa untuk meningkatkan literasi serta tidak usah pergi ke perpustakaan sekolah karena masih Pandemi Covid-19 dan juga mengadakan upacara virtual. Kemudian juga dalam pembelajaran daring pasti akan ada kreasi dalam pembelajaran seperti yang dilakukan oleh kami pada akhir pemaparan materi biasanya mengadakan kuis melalui Quizizz. Quizizz ini bisa memantau siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengetahui hasil dari kuis tersebut.

Pada program rencana kegiatan juga membuat pelatihan Canva untuk pembuatan presentasi yang menarik agar siswa dapat melihat materi dengan fokus dan menarik perhatian. Membantu guru pun tak luput kami bantu seperti mengawasi protokol kesehatan di SMPN 168 Jakarta, karena Kota Jakarta sudah menerapkan Pembelajaran Tatap Muka di bulan Oktober akhir. Maka dari itu, kami juga berinteraksi dengan siswa di dalam kelas agar mengetahui karakteristik siswa tersebut dan melakukan asistensi mengajar dalam melakukan program meningkatkan literasi dan numerasi. Tidak hanya mengajar saja, kami juga membantu dalam mengawas Penilaian Akhir Semester (PAS).

Dok. pribadi

Dengan demikian kegiatan dari Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021, khususnya di SMPN 168 Jakarta. Program Kampus Mengajar Angkatan 2 ini menjadi salah satu bukti dari pelaksanaannya Merdeka Belajar seperti asistensi mengajar, adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah dan guru serta membantu proses dari pembelajaran SD maupun SMP di berbagai daerah Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline