Lihat ke Halaman Asli

Ilham Ainur

Mahasiswa

KKN-01 UTM Sukses Laksanakan Aksi Hijau di Sekolah dengan Memberikan Edukasi dan Melaksanakan Penanaman TOGA di UPTD SDN Telaga Biru 1

Diperbarui: 22 Juli 2024   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi : Foto Bersama Dengan Siswa SDN Telaga Biru 1

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah tanaman budidaya yang berfungsi sebagai penyedia obat sekaligus berupa tanaman berestetika yang memenuhi kriteria keindahan pekarangan. Masyarakat menyebutnya dengan apotik hidup atau tanaman herbal. TOGA dimanfaatkan sebagai obat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan herbal.

Oleh karena itu pentingnya akan manfaat dari TOGA, maka Tim KKN 01 UTM, melakukan program kerja "Edukasi dan Penanaman TOGA di Sekolah Dasar Telaga Biru 01". Tujuan dari program ini sendiri adalah memperkenalkan kembali jenis-jenis tanaman obat keluarga (TOGA) agar memunculkan kembali budaya pemanfaatan tanaman herbal kepada siswa sekolah dasar. Selain itu, program ini bertujuan untuk membantu penghijauan di lingkungan sekolah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sekolah Dasar Telaga Biru 01, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, pada tanggal 22 Juli 2024 dan telah disetujui Ibu Dr. Dewi Quraisyin, S.Pd.I, M.Si selaku dosen pembimbing lapangan kelompok KKN 01 UTM 2024.  Pelaksanaan program diawali dengan melakukan edukasi terhadap siswa kelas 3b mengenai konsep, jenis, manfaat, serta pentingnya penanaman TOGA. Setelah pemberian edukasi, tim KKN 01 UTM melakukan praktik penanaman TOGA bersama siswa kelas 3b. Kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah dan dilakukan jam 09.00 sampai selesai.

Ibu Haryawati, S.Pd. selaku kepala Sekoah Dasar Telaga Biru 1 menyampaikan “Penanaman tanaman Toga penting untuk dilakukan oleh anak sekolah dasar. Selain menambah wawasan mereka di usia dini, juga dapat dijadikan salah satu keunggulan bagi sekolah karena memiliki tanaman Toga yang bermanfaat. Tidak hanya sebagai tanaman hias, juga sebagai rimpang dan tanaman herbal juga.”

Dokumentasi Pribadi : Mahasiswa KKN-01 UTM Bersama Siswa SDN Telaga Biru 01 Melakukan Aksi Hijau

Sementara itu, Sintia Lestari selaku Penanggung Jawab dari kegiatan ini menambahkan “Tanaman TOGA memiliki potensi yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan dan ketahanan pangan. Agroekoteknologi memainkan peran penting dalam pengembangan dan pemanfataan TOGA secara berkelanjutan. Dengan sinergi antara TOGA dan Agroekoteknologi, kita dapat meuwujudkan masa depan yang lebih sehat dan sejahtera.”

Sekitar 5 bibit toga yang ditanam di Sekolah Dasar Telaga Biru 01. Jenis toga yang ditanam adalah jahe, lengkuas, kencur, serai dan katuk. Alat seta bahan yang dibutuhkan semua sudah disiapkan oleh tim KKN, sehingga siswa dapat langsung melakukan penanaman. Dalam pelaksanaan kegiatan penanaman, siswa melakukan secara serempak dipandu langsung oleh mahasiswa KKN. 

Sehingga para siswa  dapat merawat dan bertanggung jawab terhadap masing-masing tanamannya. Selanjutnya Tanaman obat dapat dijadikan sarana pembelajaran bagi warga sekolah, khususnya manfaat obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, juga sebagai sarana pengetahuan dan kunjungan dari sekolah lain.

KKN 01 UTM ini beranggotakan 13 orang yaitu Dhanil Hukamak (Psikologi), Ilham Ainur Rahmat Hidayah (Ilmu Kelautan), Rivaldo Maulana (Sosiologi), Win Wisnu Wardhana (Teknik Elektro), Nino Revanza (Teknik Mesin), A. Iryadul Hikam (Teknik Mekatronika), Syahdandi Ahmad Wildani (Agribisnis), Dilla Yunia Pramunita (Teknologi Industri Pertanian), Sintia Lestari (Agroteknologi), Irena Tri Widiastutik (Ilmu Kelautan), Novalina Zalianty Silalahi (Akuntansi).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline