Lihat ke Halaman Asli

Ilham Setiawan

1806026057

Rancangan Kegiatan KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang di Masa Pandemi

Diperbarui: 23 November 2021   15:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan perguruan tinggi yang menjadi mata kuliah didalamnya Reguler 77 UIN Walisongo Semarang. Kegiatan pengimplementasian mahasiswa untuk melakukan penerapan kegiatan akademik yang direalisasikan dalam kegiatan langsung oleh mahasiswa terhadap pengabdian kepada masyarakat. 

Dengan tujuan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang meningkatkan kedewasaan dan profesionalisme untuk memperbarui tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik. KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik (teoritik) dan dunia praktik (empirik). 

Dengan demikian akan terwujud suatu interaksi sinergis, saling menerima dan memeberi, saling asah, asih dan asuh antar mahasiswa dan masyarakat. Melalui KKN, mahasiswa mendapat banyak pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai tempat merealisasikan penerapan ilmu pegetahuan dan teknologi.

KKN Reguler Dari Rumah 77 UIN Walisongo Semarang dilaksanakan pada masa pandemi dengan menerapkan sistem dari rumah masing-masing, dimana semua program kerja direalisasikan dilingkup tempat tinggal masing-masing sesuai anjuran pemerintah. 

Berbeda dengan KKN-KKN tahun sebelumnya, dimana mahasiswa bisa membuat posko tetapi di masa pandemi kali ini mahasiswa diminta untuk tidak membuat posko. Pasti mempunyai feel yang berbeda antara KKN dengan mendirikan posko dan KKN tanpa posko.

Ada enam program kerja individu penulis dalam kegiatan KKN RDR 77 kali ini, yaitu:

Kegiatan Kemasyarakatan

Di dalam program kerja kegiatan kemasyarakatan ini, penulis memiliki sub bidang lagi didalamnya, ada kegiatan fisik diantaranya: pemasangan papan nama KKN Reguler Dari Rumah 77 UIN Walisongo Semarang yang rencana akan direalisasikan pada tanggal 6-7 Oktober 2021 dengan estimasi biaya Rp. 100.000, pembagian masker kepada masyarakat sekitar yang direalisasikan pada tanggal 8 Oktober 2021 dengan estimasi biaya Rp. 100.000, dan kegiatan fisik yang terkahir ada melaksanakan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mrnjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas) yang direalisasikan setiap hari. 

Selanjutnya ada kegiatan non fisik, sama seperti kegiatan fisik dimana kegiatan non fisik juga memiliki beberapa sub bidang, ada bidang keagamaan, yaitu pembuatan flayer manfaat wudhu, akan direalisasikan pada tanggal 11-12 Oktober 2021 tidak memakai biaya, bidang lingkungan, edukasi tentang go green yang akan direalisasikan tanggal 13-14 Oktober 2021 tanpa estimasi biaya, yang terakhir bidang kesehatan, ada sosialisasi 5M, yang akan direalisasikan pada tanggal 15-16 Oktober 2021 dengan estimasi biaya Rp. 50.000.

Konten Kreatif (Meme/Flayer).

Dalam program kerja konten kreatif ini ada beberapa sub bidang juga dan semua tanpa anggaran biaya. Yang pertama ada membuat flayer menyambut KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang yang akan direalisasikan tanggal 6-7 Oktober 2021, selanjutnya membuat meme tokoh-tokoh pahlawan nasional yang akan direalisasikan tanggal 17-18 Oktober 2021, membuat flayer menjaga lingkungan yang akan direalisasikan tanggal 19 Oktober 2021, membuat flayer hari sumpah pemuda yang akan direalisasikan tanggal 28 Oktober 2021, membuat flayer maulid nabi Muhammad SAW yang akan direalisasikan tanggal 20 Oktober 2021, membuat flayer hari santri yang akan direalisasikan tanggal 22 Oktober 2021, membuat flayer pencegahan covid-19 yang akan direalisasikan tanggal 23 Oktober 2021, membuat flayer edukasi vaksinasi yang akan direalisasikan tanggal 25 Oktober 2021, membuat meme hari pahlawan yang akan direalisasikan tanggal 10 November 2021, dan yang terakhir membuat flayer penarikan KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline