Komponen baterai atau lebih dikenal sebagai aki merupakan salah satu bagian vital dari sebuah sepeda motor. Pada sepeda motor terkini yang telah dibekali dengan teknologi injeksi, sebagian besar sumber tenaga listrik berasal dari aki sedangkan sumber lainnya dihasilkan oleh generator / spul pengisian.
Kondisi aki yang prima dapat memberikan daya listrik yang optimal ke setiap bagian kelistrikan sebuah sepeda motor. Namun saat kondisi performa aki menurun, kemampuan suplai daya listriknya akan berkurang dan secara signifikan berpengaruh pada kinerja bermacam komponen sepeda motor. berikut adalah tips mengenai hal-hal apa saja yang harus diperharikan agar kinerja aki sepeda motor kesayangan selalu optimal.
Panaskan Mesin Sepeda Secara Berkala
Mobilitas masyarakat yang jauh berkurang di masa PPKM mengakibatkan banyak sepeda motor yang tidak digunakan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk memanaskan mesin setidaknya 2 atau 3 hari sekali. Fungsinya untuk mengaktifkan sirkulasi pelumas ke mesin sekaligus menjaga daya aki tetap penuh.
Periksa Area Terminal Aki
Proses oksidasi di lingkungan yang lembab dapat menimbulkan kerak berwarna putih di area terminal aki. Lambat laun kerak ini bisa menghambat proses aliran listrik.
Oleh karena itu jika area terminal terdapat banyak kerak putih, maka segera bersihan dengan menggunakan air panas. Jangan lupa untuk melepas terminal dari kutup aki terlebih dahulu. Jika ragu untuk melakukannya sendiri, segeralah bawa ke AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan.
Lakukan Pengecekan Secara Rutin
Pemeriksaan rutin dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik dan daya aki. Perlu diketahui apakah kondisi fisiknya masih dalam keadaan baik atau ada perlu penggantian.
Selain itu, pengendara atau mekanik akan mengetahui apakah daya aki masih dalam kondisi optimal atau drop. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala di AHASS terdekat agar performa dan komponen sepeda motor selalu dalam kondisi prima.
Perhatikan Penggunaan Aksesoris Motor dan Modifikasi Kelistrikan