Lihat ke Halaman Asli

ilham ichshani

muda mendunia

Film ''Aroma of Heaven'' Film Kopi Indonesia

Diperbarui: 2 April 2022   13:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Film dokumenter adalah penggunaan cara-cara kreatif dalam upaya menampilkan kejadian atau realitas. Tujuan utama film dokumenter bukan sekedar menyampaikan informasi. Seorang pembuat film dokumenter menginginkan penontonnya tidak hanya mengetahui topik yang diangkat, tapi juga mengerti dan dapat merasakan persoalan yang dihadapi subjek. Pembuat film ingin agar penonton tersentuh dan bersimpati kepada subjek film. Untuk itu diperlukan pengorganisasian cerita dengan subjek yang menarik, alur yang mampu membangun ketegangan, dan sudut pandang yang terintegrasi.

Dalam proses pembuatan film dokumenter, tim produksi harus melewati 'creative treatment' supaya mememiliki nilai estetika didalamnya. Salah satu yang menarik banyak minat pengunjung adalah film dokumenter, Aroma of Heaven, karya sutradara Budi Kurniawan. Film dokumenter yang menggambarkan sejarah kopi ini banyak membuka mata para pecinta kopi atas minuman yang menjadi bagian rutinitas kehidupan mereka sehari-hari.

Budi Kurniawan selaku sutradara film dokumenter 'Aroma of Heaven' mengakui bahwa ini adalah kali pertama ia menggarap sebuah film dokumenter.  Film ini, di ambil pleh mas Budi Kurniawan saya dengan  genre documenter, akan mejadi archive visual tentang kopi yang sudah tumbuh kembang selama tiga ratus tahun di Indonesia. Tiga ratus tahun  belum menemukan archive visual yang secara komprehensif dan  membuat ini dengan master plan setelah Aroma of Heaven akan ada sekuel berikutnya yang aka nada tujuh series tentang kopi. Di mana ada Aroma of Heaven Legacy of Java (khusus tentang kopi Jawa), Mantra of Kahwa(khusus tentang kopi Sumatra), The Land of Toraja (khusus tentang kopi Toraja), kemudian Bali Kintamani (khusus tentang kopi Bali), The Sound of Flores (khusus tentang kopi Flores), dan terakhir The Origin of Papua (tentang kopi Papua). Seven films about Coffee in Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline