Lihat ke Halaman Asli

Ilham Syakur Fidina

Mahasiswa Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta

Teknologi Digital Membawa Dampak Besar Bagi Manusia?

Diperbarui: 28 Juli 2023   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi teknologi digital (freepik.com)

Kehadiran teknologi digital yang semakin berkembang pesat setiap saatnya membuat kehidupan manusia semakin meningkat. Hal ini membuat teknologi digital memiliki peran yang penting dan pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Mulai dari pendidikan, ekonomi, budaya, kesehatan, bahkan hubungan sosial pun dipengaruhi oleh teknologi digital. Bentuk teknologi digital juga berbagai macam, mulai dari internet, aplikasi software, Artificial Intelligence (AI), media sosial, e-wallet, penyimpanan cloud, dan lain-lain.

Adanya perkembangan ini, membuat kehidupan manusia yang sebelumnya bisa dibilang primitif mengalami transformasi yang luar biasa. Tetapi teknologi digital juga merupakan hasil dari manusia itu sendiri. Mereka terus berinovasi dalam menciptakan revolusi digital.

Perkembangan itu terus menerus berjalan, waktu berhentinya pun tidak ada yang tahu. Sampai teknologi digital mempunyai peran tersendiri bagi manusia. Seperti halnya dalam pembelajaran, contohnya adalah kasus COVID-19 membuat sekolah dan kampus harus meniadakan pembelajaran tatap muka. Kala itu mereka bingung bagaimana caranya orang-orang tetap bisa belajar tanpa harus tatap muka.

Akhirnya muncul platform daring, kursus daring, dan sumber belajar interaktif untuk mereka. Hadirnya hal tersebut membuat manusia dapat melakukan pembelajaran secara daring dan memperluas kesempatan pendidikan bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki keterbatasan fisik.

Teknologi digital juga memiliki peran di bidang hubungan sosial bagi manusia. Dulu jika mereka ingin berkomunikasi harus bertemu secara langsung. Sekarang mereka dapat berhubungan dengan mudah tanpa terhalang oleh jarak dan waktu hanya menggunakan internet dan media sosial. Mereka juga bisa mengekspresikan diri lewat media sosial tanpa adanya batasan.

Tidak hanya itu saja, teknologi digital juga mempunyai peran yang cukup signifikan di bidang ekonomi dan kesehatan. Di bidang ekonomi terdapat platform e-wallet untuk mentransfer uang tanpa harus datang ke ATM. E-wallet juga mempermudah manusia dalam bertransaksi. Cukup dengan pindai kode QR, mereka telah membayar barang yang dibeli.

Ada juga e-commerce untuk melakukan pembelian atau penjualan secara daring sehingga bisa memudahkan manusia dalam berdagang atau membeli sesuatu. Pembelian dan penjualannya tidak hanya dari lingkup nasional saja, tetapi bisa sampai penjuru dunia. Mereka yang berjualan di e-commerce bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Dari bidang kesehatan bisa diambil dari kasus COVID-19. Terdapat aplikasi untuk mengecek apakah orang tersebut sudah vaksin atau belum. Aplikasi tersebut biasa digunakan untuk masuk ke dalam mal, rumah makan, rumah sakit, atau tempat umum lainnya.

Walaupun dapat memudahkan dan bermanfaat bagi manusia, terdapat pengaruh negatif dari teknologi digital. Contohnya seperti kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). AI dapat menggantikan pekerjaan manusia dalam beberapa industri dan terkadang mereka juga terlalu bergantung pada teknologi ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline