TEKNIK TES DAN TEKNIK NONTES
SEBAGAI ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR
Teknik Tes
Pengertian Tes
Adanya perbedaan individu menyebabkan perlunya diciptakan sebuah alat untuk mendiagnosis keadaan tersebut. Alat ukur tersebut lazim disebut dengan tes. Tes berasal dari bahasa Perancis kuno: Testum dengan arti piring untuk menyisihkan logam-logam mulia, sedangkan dalam Bahasa Arab dikenal dengan ( tes;ujian;atau percobaan).
Ada beberapa istilah yang memerlukan penjelasan sehubungan dengan penjelasan diatas, yaitu:
Test adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian
Testing adalah saat dilaksanakannya atau peristiwa berlangsungnya pengukuran dan penilaian
Tester adalah orang yang melakukan tes atau pembuat tes atau eksperimentor.
Testee (mufrad);testees (jama') adalah pihak yang dikenai tes (peserta tes=peserta ujian).
Adapun secara istilah, menurut Anne Anastasi dalam Psychological Testing, yang dimaksud dengan tes adalah alat pengukur yang mempunyai standar yang obyektif sehingga dapat digunakan secara meluas serta dapat betul-betul digunakan untuk mengukur dan membandingkan keadaan psikis atau tingkah laku individu. Adapun menurut Lee J. Cronbach dalam Essential of Psychological Testing, tes merupakan suatu prosedur yang sistematis untuk membandingkan tingkah laku dua orang atau lebih. Sedangkan menurut F.L. Goondenough, tes adalah suatu tugas yang diberikan kepada individu dengan maksud untuk membandingkan kecakapan mereka satu dengan yang lainnya.
Dapat ditarik kesimpulan, bahwa dalam dunia evaluasi pendidikan yang dimaksud dengan tes adalah cara (yangdapat dipergunakan) atau prosedur (yang perlu ditempuh) dalam rangka pengukuran dan penilaian di bidang pendidikan.
Fungsi Tes