Lihat ke Halaman Asli

Ikrom Zain

TERVERIFIKASI

Content writer - Teacher

Jalan Lagi, Bus Listrik Trans Semanggi Surabaya K3 Mengaspal dari Terminal Bungurasih

Diperbarui: 2 Maret 2024   07:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bus Listrik Trans Semanggi K3 ketika berada di Kenjeran Park. - (Dokumentasi Pribadi)

Setelah setahun lebih tiada kabar, akhirnya Bus Listrik Trans Semanggi K3 mengaspal di jalanan MERR lagi.

Bus buatan PT INKA yang pada 2022 lalu sempat digunakan untuk perhelatan KTT G20 tersebut resmi dioperasikan kembali oleh PT Damri. 

Per 25 Februari 2024, PT Damri membuat pengumuman resmi opererasional bus ini. Hampir 14 bulan lamanya bus tersebut hilang dari peredaran setelah sempat hanya beroperasi selama beberapa hari pada akhir tahun 2022.

Selama kurun waktu tersebut, berbagai spekulasi mengenai keberadaan bus ini pun bermunculan. Mulai dari kontrak yang belum jelas, penolakan sopir angkot, hingga sederet faktor lainnya yang menghambat laju bus tersebut. 

Bahkan, salah satu komunitas transportasi, Transpor for Surabaya (TFS) selalu menggaungkan tagar #pantautagih agar pihak yang berwenang bisa segera mengoperasikannya kembali.

Saya penasaran sekali apakah bus ini akan berjalan di jalurnya seperti dulu. Rupanya, meski bus ini berakhir dan bermula di Terminal Bungurasih, nyatanya bus ini mengalami perubahan rute. 

Jika dulu bus ini berjalan dari Terminal Bungurasih menuju Jalan A Yani lalu melewati kawasan industri SIER, maka bus tak lagi lewat jalanan yang penuh dengan pabrik tersebut.


Bus malah langsung masuk Tol Waru dan keluar melalui pintu Tol Tambak Sumur. Dari pintu tol ini, bus langsung berjalan melewati jalur lingkar timur (MERR) hingga ke Kenjeran Park. 

Rute yang dilalui sama dengan rute bus K3 yang sebelumnya dioperasikan oleh PT SBS. Operator ini membantu sementara pengoperasian bus Trans Semanggi di jalur MERR.

Mereka mengalihkan bus-bus Trans Semanggi K2 (rute Unesa-ITS) untuk menjalankan rute K3 sampai bus listrik beroperasi kembali. Alhasil, jumlah bus K2 menjadi lebih sedikit dan menyebabkan waktu tunggu (headway) bus lebih lama. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline