Lihat ke Halaman Asli

Ikrom Zain

TERVERIFIKASI

Content writer - Teacher

Cisplatin, Ayo Lawan Kankernya!

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13916532091734241051

Semua orang tahu, kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan. Banyak orang yang takut akan penyakit ini karena sulit diobati. Apakah memang tak ada obatnya?

Tuhan menciptakan sebuah penyakit pasti ada obatnya. Di dunia medis, obat untuk melawan penyakit kanker adalah cisplatin. Wah apa itu cis platin?

Cisplatin adalah salah satu senyawa koordinasi (senyawa kompleks). Senyawa komplekss?? Senyawa apaan tuh? Apa bedanya dengan senyawa biasa? Kok bisa disebut kompleks????

Mengenal senyawa kompleks

Kita tahu banyak sekali senyawa di dunia ini seperti air (H2O), ammonia (NH3), dll. Senyawa-senyawa tersebut adalah senyawa kovalen karena atom-atomnya terikat dengan ikatan kovelen. Masih ingat ikatan kovalen itu apa? Yap, benar sekali. Ikatan kovelen adalah ikatan yang terjadi antara dua atom karena menggunakan elektron secara bersamaan. Kalau dikisah cintanya ibaratkan seperti patungan elektron gitu lah. Selain senyawa kovalen, ada juga yang namanya senyawa ionik. Contohnya adalah garam dapur (NaCl) yang telah dibahas kemarin. Senyawa ionik terbentuk karena ikatan ionik, yakni adanya proses serah terima elektron.

Kalau senyawa kompleks bagaimana?

Pada senyawa kompleks, ikatan yang terjadi adalah ikatan kovalen koordinasi. Bedanya apa dong dengan ikatan kovalen tadi? Bedanya adalah kalau pada ikatan koveln (biasa) tadi, atom-atomnya menggunakan elektron secara bersamaan, kalau ini salah satu atom memberikan pasangan elektron bebas kepada atom lainnya. kalau tadi mereka patungan, kalau ini satunya gak mau patungan, cuma enaknya aja. Widih, kok bisa gitu, gak adil dong????

Ternyata, ikatan yang seperti itu disebabkan karena dua atom yang berikatan tadi berbeda sifat. Satu atom bertindak sebagai asam Lewis, dan atom lainnya sebagai basa Lewis. Apa itu asam dan basa Lewis?

Asam Lewis adalah atom/gugus yang bisa menerima elektron. Sedangkan basa Lewis adalah atom/gugus yang bisa mendonorkan/memberikan elektron. Ibaratnya kalau secara sarkas, asam Lewis adalah pengemis, sedangkan basa Lewis adalah penderma. Pasti anda kepingin bisa selalu seperti basa Lewis kan??

Mengapa bisa terjadi seperti itu??? Karena asam Lewis masih memiliki orbital (tempatnya elektron) kosong yang dapat diisi elektron. Sedangkan basa Lewis memiliki elektron/pasangan elektron yang bisa didonorkan. Jika seperti pada kasus pengemis dan penderma, maka pengemis masih memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi tapi dia tak punya uang, sedangkan bagi penderma karena dia terlalu banyak uang jadi bingung mau dipake buat apa. Akhirnya diberikanlah pada pengemis. Basa lewis ini biasa disebut ligan. Pada pembahasan selanjutnya, saya akan menyebutnya dengan ligan.

Sebagai contoh paling mudah adalah ikatan yang terjadi pada amina trifloro boron (H3­NBF3). Senyawa ini terbentuk antara gas NH3 dengan gas BF3. Nah BF3 ini masih memiliki orbital kosong pada atom B (boron). Saat bertemu dengan gas NH3, BF3 meminta elektron pada NH3.

“Bro, gue lagi bokis nih. Loe bisa minjemin guwe duit eh elektron gak?”

NH3 lalu menjawab,”Guwe sebenernya ada elektron. Tapi guwe butuh temen nih buat ke Ancol. Mau gak loe temenin guwe?”

Pucuk dicinta ulam pun tiba. BF3 juga lagi mau ke Ancol.”Wah kebeneran, guwe juga mau ke Ancol. Ya udah guwe temenin, tapi jangan lupa pinjemin elektronnya ya”.

“Oke bro”. Lalu mereka pergi ke Ancol bersama-sama dan menjadi senyawa amina trifloro boron (H3­NBF3).

[caption id="attachment_294084" align="aligncenter" width="539" caption="Reaksi pembentukan kompleks antara NH3 dan BF3. Perhatikan bahwa NH3 menymbang pasangan elektron bebas kepada BF3 (http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6c/NH3-BF3-adduct-bond-lengthening-2D.png)"][/caption] Oh gitu toh, senyawa kompleks itu. Lalu bagaimana dengan cisplatin?

Mengenal Cisplatin

Cisplatin ini juga senyawa kompleks, lebih tepatnya ion kompleks karena bermuatan. Nama di KTPnya adalah Cis­-diaminadikloroplatina(II)/ cis-[Pt(NH3)2Cl2]2+. Sejak dia ikut acara X-Factor Kimia, namanya berubah jadi cisplatin. Biar keren. Dari namanya sudah bisa ditebak. Ada platina, ada amina (NH3), dan ada kloro (Cl). Nah platina ini bertindak sebagai asam Lewis yang menengadahkan tangannya eh orbitalnya buat menerima elektron. Amina dan kloro bertindak sebagai ligan yang mau dengan ikhlas menyumbangkan elektron.

Struktur cisplatin bisa anda lihat pada gambar di bawah ini. Perhatikan baik-baik ya, pelan-pelan saja, woles, hehe. Ada platina di tengah, ada dua ligan kloro yang saling berdekatan, dan ada dua ligan amina yang juga saling berdekatan. Mereka semua tersusun sedemikian rupa dengan bentuk bujur sangkar. Nah, bisa dibayangkan kan bentuknya? Ayo diimajinasikan dulu baik-baik.

[caption id="attachment_294087" align="aligncenter" width="277" caption="Struktur Cisplatin. Perhatikan bahwa logam Pt diikat oleh dua ligan Cl dan dua ligan NH3 yang saling berdekatan (http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0d/Cisplatin-2D.png)"]

13916534511279844163

[/caption]

Oke kalau sudah kita lanjut ya. Nah, pertanyaannya, mengapa cisplatin ini bisa melawan kanker? Mengapa oh mengapa? Apa dia punya ilmu sihir???

Tentu tidak lah. Alasannya seperti ini. Dua ikatan Pt-Cl ini sebenarnya ikatan yang kuat. Meski begitu, ligan Cl ini bisa diganti lho dengan ligan lain. Atau bisa dikatakan kedudukannya bisa diambil alih. Kok bisa begitu? Iya bisa lah.

Anda masih ingat lagunya Lusi mantan personel AB3 yang Ada uang abang sayang, tak ada uang abang kutendang. Ini juga berlaku. Kalau ligannya lebih kuat mendonorkan elektron, maka logam Pt akan menerimanya dan menendang satu ligan Cl keluar. Wow sadis ya. Kayak lagunya Afgan. Telalu sadis caramu……………..(gak apal terusannya, hihi).

Ligan apa yang bisa memalingkan hati logam Pt ini? Ternyata dia adalah air. Ha? Air? Ciyussss? Iya ciyus. Beneran sumpah. Air yang kita minum sehari-hari ini ternyata jahat juga ya merebut Pt dari Cl. Haha. Air ini bisa bertindak sebagai ligan karena memiliki pasangan elektron bebas (PEB) di atom O-nya. Kalau jadi ligan namanya berubah jadi aqua (bukan nama merek lho). Sama kayak Parto. Kalau malam namanya jadi Patty, hihi.

[caption id="attachment_294096" align="aligncenter" width="530" caption="Reaksi penggantian ligan Cl dengan ligan H2O pada cisplatin. Perhatikan pada tanda panah (http://patentimages.storage.googleapis.com/EP1896491B1/imgb0002.png)"]

13916539381172624922

[/caption]

Wah kasian ya sebenernya. Tapi karena adanya perubahan struktur ini, maka ion yang baru ini lebih reaktif dan kejam melawan sel kanker. Nama KTP ion baru ini adalah cis-diaminaaquakloroplatina(II)/ cis-[Pt(NH3)2(H2O)Cl]2+. Ion ini akan menyerang DNA sel kanker. Wah gimana nyerangnya. Pakai jurus apa?

Rupanya ion tadi (gak saya sebutkan soalnya namanya panjang, hehe) akan melepaskan kembali satu molekul air yang diikatnya tadi. Akhirnya ada tempat buat PEB kan di logam Pt. Lalu ion ini akan mengikat guanina yang merupakan salah satu penyusun DNA sel kanker. Mengapa kok bisa mengikat?

Saat Karena di guanina ada atom nitrogen, tepatnya atom N nomor 7. Atom N ini masih memiliki PEB jadinya mau aja nyerahin PEBnya buat logam Pt. Ion baru yang terbentuk adalah [PtCl(guanina-DNA)(NH3)2]+. Setelah itu ion ini akan melepaskan ligan Cl yang masih ada. Dan dia kembali mengikat guanina lain. Lama-lama akan terbentuk tautan silang antara ion tadi dengan guanina. Akibatnya proses replikasi DNA sel kanker terganggu dan pertumbuhan sel kanker pun terhambat. Wah keren ya.

[caption id="attachment_294098" align="aligncenter" width="251" caption="Penyerangan Guanin. Perhatikan bahwa atom N nomor 7 akan mengikat ion melalui logam Pt (http://www.platinummetalsreview.com)"]

13916542751995535341

[/caption] [caption id="attachment_294099" align="aligncenter" width="502" caption="Tautan silang yang terbentuk antara cisplatin dengan guanin (huruf G) pada DNA sel kanker. Setelah terjadi tautan silang ini, sel kanker sulit bereplikasi dan pertumbuhannya terhambat (http://www.platinummetalsreview.com/images/articles/52/1/Reedijk-52-1-jan08-f2.jpg)"]

13916544662086914553

[/caption] Untuk melihat animasi cara kerja cisplatin bisa anda lihat video ini:

Kalau dimisalkan seperti pada benalu dan pohon manga. Mula-mula benalu mengikatkan diri di pohon manga. Sedikit demi sedikit dia mengikat rapat sambil mengambil nutrisi dari pohon manga. Lama-lama dia semakin melilit dan pohon manga pun tewas.

Hebat juga ya cisplatin ini? tapi, jangan senang dulu karena dia memiliki efek samping. Tadi kan dia menyerang guanin pada DNA. Nah gak cuma DNA sel kanker aja yang punya guanin, tapi sel di tubuh manusia juga punya. Cis platin ini juga bisa menyerang sel tubuh manusia. Wah gaswat juga ya,

Efek sampingnya bisa menurunkan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Gak kebayang kan, padahal sel darah putih berfungsi sebagai antibody/pertahanan tubuh. Di samping efek samping lainnya seperti gangguan ginjal.

Nah biar gak banyak efek sampingnya, maka para ahli mencoba memodifikasi senyawa lain yang bisa menyerang sel kanker tapi tidak menyerang sel tubuh. Mereka antara lain karboplatin dan cis-dikloroamina(siklohesilamina)platinaII. Kalau diamati dari namanya, mereka masih ada logam platinanya. Mengapa kok bisa begitu? Karena senyawa kompleks yang dari platina bisa aktif menyerang sel kanker melalui mekanisme tadi dibanding logam lain. Ada juga 2 logam lain yang bisa digunakan sebagai obat kanker dalam bentuk senyawa kompleks. Mereka adalah emas dan perak. Waduh kalau ini gak kebayang berapa ember uang buat ngobatin kanker. Mahal cyyyntt.

[caption id="attachment_294101" align="aligncenter" width="150" caption="Karboplatin yang sering digunakan (http://www.medicalook.com)"]

1391654776952088845

[/caption]

Nah sekian dulu cerita tentang cisplatinnya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan. Karena saya bukan dokter, jika ada keluhan lebih lanjut hubungi dokter kesayangan anda. Sekian. Salam.

Sumber:

Effendy. 2010. Perspektif Baru Kimia Koordinasi. Malang: peenrbit AIA.

http://www.drugs.com/pro/cisplatin.html

http://www.cancerresearchuk.org/cancer-help/about-cancer/treatment/cancer-drugs/cisplatin

http://en.wikipedia.org/wiki/Cisplatin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline