Lihat ke Halaman Asli

Belanja Itu Gak Ribet, Mau? Klik Aja

Diperbarui: 18 April 2016   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Menurut Wikipedia Perdagangan elektronik (E-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem mengumpulam data otomatis. Seiring dengan berjalannya waktu, perdagangan elektronik sangat meluas di Negara kita maupun Negara lain. Dengan adanya perdagangan elektronik sangat membantu dan dapat memudahkan kita saat ini. Seperti online shop, banyak sekali online shop yang dapat kita lihat pada saat ini. 

Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari juga memudahkan untuk memenuhi berbagai kebuhutan mereka tanpa harus bertemu atau bertatap muka dengan penjual. Dengan mengunjungi salah satu online shop tersebut kita bisa langsung mengakses atau langsung dapat mencari apa yang kita butuhkan. Misalnya membeli alat perlengkapan sekolah seperti tas, sepatu, juga alat kebutuhan rumah tangga, dan masih banyak yang lainnya yang dapat kita beli di online shop. Hal tersebut sangat memudahkan kita, karena dengan adanya online shop kita tidak perlu ribet. 

Tetapi ada juga sebagian masyarakat masih kurang nyaman atau tidak percaya dengan online shop karena sebagian dari mereka merasa tertipu dengan barang-barang yang mereka tawarkan. Karena banyak yang terlihat bagus di gambar tapi setelah datang barang tersebut tidak sama. Dengan begitu mereka merasa dirugikan dan ada rasa trauma untuk belanja di online shop. Ada juga sebagian dari masyarakat yang tidak mengerti dengan istilah-istilah yang terdapat pada online shop seperti, seller, buyer, custumer, reseller, PO, ready stock, sold, keep, COD, trusted, testimonial dan istilah lainnya. Karena hal tersebut dapat menyulitkan mereka.

 Tetapi banyak juga masyarakat yang sudah percaya dengan online shop karena mereka tidak mau ribet. Dengan adanya online shop tersebut menurut mereka sangat mempermudah mereka untuk memperoleh sesuatu yang mereka inginkan tanpa harus bertemu langsung dengan penjual. Dan banyak juga online shop yang sudah terpercaya saat ini karena pelayanan mereka bagus dan barang yang tawarkan sesuai dengan apa yang masyarakat inginkan.

Dengan adanya online shop atau toko online sangat mempermudah dan menguntungkan masyarakat. Perusahaanpun menjadi sukses apabila toko online mereka dapat berjalan dengan lancar dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Karena persaingan bisnis saat ini semakin ketat, jadi diharapkan perusahaan online shop dapat memberikan inovasi-inovasi baru terhadap bisnis online shopnya.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline