Lihat ke Halaman Asli

Ikrima Medyna

Mahasiswi

Mahasiswa Kesmas FK ULM Berikan Edukasi tentang Hipertensi dan Cara Penanggulangannya

Diperbarui: 11 Desember 2021   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Kesmas FK ULM Berikan Edukasi Tentang Hipertensi dan Cara Penanggulangannya Melalui Penyuluhan Online dan Pojok Diskusi (dokpri)

Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat khususnya dari Kelompok 8 memberikan edukasi kepada masyarakat di RT. 003 RW. 002 Kelurahan Guntung Paikat tentang hipertensi dan cara pencegahannya melalui kegiatan penyuluhan dan pojok diskusi yang dilaksanakan secara online pada Minggu, 14 November 2021.

Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok 8 sebagai bentuk intervensi kepada masyarakat di RT. 003 RW. 002 Kelurahan Guntung Paikat dalam kegiatan PBL 2 (Pengalaman belajar lapangan 2) karena mengingat dari hasil diagnosa komunitas pada kegiatan PBL 1 sebelumnya, hipertensi menjadi masalah kesehatan yang terdapat disana.

Oleh karena itu, kelompok 8 memberikan intervensi tentang hipertensi dan cara pencegahannya dalam bentuk penyuluhan online dan pojok diskusi. Kegiatan ini dimulai dari pembukaan dan doa, pengisian kuesioner pre-test, pemberian materi yang disampaikan oleh Krisna aryaguna selaku ketua kelompok 8. Kemudian, dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab bersama masyarakat dan terakhir pengisian kuesioner post-test beserta absensi dan penutup.

 "Harapan kami, dengan adanya pemberian edukasi melalui kegiatan penyuluhan dan pojok diskusi tentang hipertensi dan cara pencegahannya, pengetahuan masyarakat khususnya di RT. 003 RW.002 bisa meningkat dan terjadi perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik" ucap dari seluruh kelompok 8 kepada masyarakat di RT. 003 RW. 002 Kelurahan Guntung Paikat (Minggu, 14/11/2021).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline