Lihat ke Halaman Asli

Ikom Umsida Kirim 9 Delegasi di Silat Apik 2024

Diperbarui: 13 Maret 2024   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc : Ikom

Mahasiswa prodi Ikom Umsida sedang mempersiapkan diri  untuk mengikuti kompetisi perlombaan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (SILAT APIK) 2024  yang dijadwalkan selama 2 hari pada 28-29 Februari. Kegiatan ini dilangsungkan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). (28/02/2024).

Pada kesempatan ini akan menjadi ajang yang sangat bergengsi bagi para mahasiswa dalam menunjukkan kemampuan mereka dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan ilmu komunikasi.

Adapun ajang lombanya yakni fotografi, Reportase penyiaran, Iklan layanan masyarakat, Public relations and crisis, dan Digital Konten.

Para mahasiswa Ikom telah mulai mempersiapkan segala perlengkapan dan pengetahuan yang diperlukan untuk bisa bersaing dengan baik pada lomba tersebut.

Mereka tidak hanya fokus pada aspek teknis seperti penggunaan kamera dan peralatan lainnya, tetapi juga pada aspek kreativitas dan narasi untuk membuat laporan hasil yang menarik dan berkesan.

Fitri, salah satu mahasiswa yang akan berpartisipasi dalam  lomba reportase penyiaran. "Saya sangat excited untuk mengikuti lomba reportase penyiaran. Ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk belajar dan menunjukkan kemampuan saya dalam bidang yang saya minati," ujarnya.

Tak hanya itu, Intan Fitrianingsih juga mempersiapkan untuk berpatisipasi mengikuti lomba Iklan layanan masyarakat (ILM)."Untuk persiapannya mempelajari tentang isu sosial yang akan diangkat pada ILM yang dibuat, setelah itu membuat ide yang unik dan menarik sebelum melakukan produksi iklan, serta saling berkolaborasi sama anggota kelompok. saya berharap bahwa iklan saya dapat mempengaruhi perilaku positif dalam masyarakat, seperti mengubah kebiasaan atau mempromosikan tindakan yang mendukung penyelesaian isu yang saya angkat," ungkapnya.

Sebelum memulai perlombaan semua peserta mengikuti workshop tentang bidang lomba yang diikuti, serta mendapatkan arahan dari juri dan panitia terkait teknis pelaksaannya. Agung Wisnu Prayoga dan Achmad Shobich adalah delegasi peserta lomba fotografi,  "Untuk pengambilan gambar, dibagi menjadi 4 yang lingkupnya di daerah sekitar Surakarta yang berlokasi di Kauman, Keraton Kasunan, Masjid Agung, dan Pasar Klewer," ujarnya.

Baca juga : Pengabdian Masyarakat Internasional : Dosen Ikom Umsida Ungkap Pemahaman Dinamika Kelompok

Diharapkan, mahasiswa Ikom Umsida yang berpatisipasi dalam ajang lomba ini akan memberikan pengalaman berharga dan memperkaya pengetahuan, serta keterampilan mereka dalam bidang fotografi, Reportase penyiaran, Iklan layanan masyarakat, Public relations and crisis, dan Digital Konten.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline