Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNDIP Paparkan Upaya Mitigasi Bencana Longsor

Diperbarui: 13 Februari 2023   01:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyuluhan terkait Upaya Mitigasi Bencana Longsor

Pemalang (12/02/2023) - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I UNDIP telah dilaksanakan secara luring di beberapa kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Mahasiswa yang mengikuti KKN Tim I UNDIP tersebut turut berpartisipasi dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya adalah Ikmah Artin Nikmanti, mahasiswa dari jurusan S1 Perencanaan Wilayah dan Kota yang melaksanakan KKN di Desa Tlagasana, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

Desa Tlagasana merupakan salah satu desa di Kecamatan Watukumpul yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pekalongan di sebelah timur. Desa Tlagasana merupakan desa terluas di Kecamatan Watukumpul dengan luas mencapai 13.725,64 ha. Desa ini termasuk ke dalam dataran tinggi yang berada pada ketinggian 925 mdpl dengan curah hujan yang cukup tinggi. Kondisi tanah di Desa Tlagasana juga tidak stabil dengan kemiringan lereng yang curam. Hal tersebut menyebabkan Desa Tlagasana menjadi salah satu desa dengan kerawanan bencana tanah longsor yang cukup tinggi.

Kondisi Geografis Desa Tlagasana

Berdasarkan informasi dari Bapak Ridwan selaku Kepala Desa, Desa Tlagasana sering mengalami longsor khususnya pada Dusun Mundong dan Dusun Gantungan. Selain karena kondisi geografisnya, bencana longsor yang terjadi juga diakibatkan oleh masyarakatnya yang kurang memahami terkait mitigasi bencana dan upaya pencegahan bencana longsor. Banyak masyarakat yang masih membangun rumah di atas ataupun di bawah tebing. Belum ada upaya dari masyarakat Desa Tlagasana untuk melakukan tindakan yang dapat mencegah terjadinya bencana longsor.

Hal tersebut menyebabkan Ikmah Artin Nikmanti sebagai salah satu mahasiswa KKN UNDIP di Desa Tlagasana membuat program pemberdayaan masyarakat terkait upaya mitigasi bencana dan pencegahan terhadap bencana tanah longsor. Program tersebut dilakukan dengan mengadakan penyuluhan kepada masyarakat terkait apa itu mitigasi bencana, bagaimana cara untuk mencegah longsor, dan apa saja mitigasi bencana yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebelum, saat, ataupun setelah terjadi longsor. Penyuluhan dilakukan di Dusun Mundong dan Dusun Gantungan pada hari Minggu, 22 Januari 2023 dan dihadiri oleh 30 warga.

Penyuluhan kepada Masyarakat terkait Mitigasi Bencana Longsor

Materi Mitigasi Bencana Longsor

Materi Mitigasi Bencana Longsor

Dengan adanya penyuluhan tersebut, diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat terkait mitigasi bencana longsor dan dapat menambah kesadaran masyarakat tentang pentingnya upaya mitigasi bencana longsor tersebut. Setelah adanya penyuluhan, diharapkan masyarakat mulai melakukan upaya mitigasi bencana untuk dapat mengurangi resiko terjadinya bencana tanah longsor di Desa Tlagasana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline