Lihat ke Halaman Asli

Welly Eru

Penulis

Menjadi Readers Cerdas di Platform Digital Wattpad

Diperbarui: 11 Maret 2019   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://www.naturalrugs.store/

Di platform Wattpad, dewasa ini jutaan penggunanya lebih senang menuangkan ide dalam bentuk cerita bersambung atau yang lebih akrab disebut cerita 'on going'

Blurb dan cerita di beberapa bagian awal yang menarik pun pasti akan ditunggu-tunggu readers.

Walau begitu, banyak penulis tidak bertanggung jawab menyelesaikan ceritanya padahal baru beberapa bagian saja. Dalam hal ini biasanya penulisnya malas melanjutkan atau sedang disibukkan oleh aktivitasnya di dunia nyata.

Hal tersebut tentu membuat pembaca kesal dan akhirnya mengabaikan cerita yang sudah ditunggu mereka. Mereka lantas bisa dibagi menjadi dua tipe pembaca, mengikuti cerita 'on going' atau menunggu ceritanya tamat lalu baru dibaca.

Nah, sebagai readers, cerita 'on going' ini sebenarnya tidak perlu ditunggu-tunggu sampai kesal sendiri. Fitur 'add to my librarry' yang tersedia di Wattpad sebenarnya memungkinkan pembaca mendapatkan notifikasi kalau cerita yang diikutinya sudah diperbarui oleh sang penulis.

Berikut tips bagi readers yang ingin menagih cerita kesukaannya agar dilanjutkan oleh penulisnya.

Pertama, tanyakan di kolom komentar kapan jadwal tayang cerita tersebut, atau kalau perlu, kirim pesan pribadi ke penulisnya.

Kedua, saat menemukan cerita, cek bagian-daftar isinya, lalu tengok kapan tanggal terakhir penulis itu aktif di akun miliknya.

Selain dua cara di atas, sebenarnya mudah saja bagi readers jika ingin mencari cerita yang sudah tamat. Di Wattpad sendiri ada fitur 'cerita lengkap' yang memungkinkan penulisnya memakai label tersebut untuk ceritanya yang benar-benar sudah tamat. Dengan label tersebut, readers tidak perlu khawatir lagi deh kalau ceritanya ditinggalkan oleh si penulis.

Nah begitu kira-kira tips dari saya, semoga bermanfaat, ya! Apakah kamu seorang user Wattpad? Kalau berkenan, mampir ke cerita terbaru saya ya, di akun @ikkowilliams.

Salam!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline