Lihat ke Halaman Asli

5 Cara Gampil Mencari Modal Usaha ala Pemula

Diperbarui: 4 Oktober 2016   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Bicara ‘pemula’ bukan berarti tidak paham dengan medan yang akan diarungi. Terlebih dizaman semua hampir serba digital, pebisnis pemula bisa dengan lihainya mencari modal usaha lewat cara yang sederhana namun punya rasio tinggi untuk sukses. Sukses dapat modal.

Besar atau tidaknya modal tergantung jenis usaha yang akan dibangun, dan ini berarti semakin besar modal yang dibutuhkan maka kamu perlu lebih giat melakukan "cara cerdas mencari modal” Silakan dicek sebelas cara gampang mendapatkan modal untuk usaha Anda:

1 Cari Pinjaman Dari Bank Dengan Jaminan

Pinjaman modal usaha dari bank dengan jaminan bukanlah suatu bentuk riba, selama barang jaminan tersebut tidak disalah gunakan. Ini berarti apabila terjadi gagal bayar dan barang jaminan harus di lego maka kelebihan biaya yang didapat dari barang jaminan tersebut harus diberikan pada pemilik barang.

Ada program pinjaman di bank yang dinamakan kredit multi guna (KMG) dimana Anda memberikan sejumlah jaminan misalnya aset properti atau kendaraan bermotor kepada bank. Namun yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa pinjaman modal usaha kamu tidak mengandung hal hal ribawi.

2 Memakai Tabungan

Kamu tidak suka berhutang ke bank karena merasa bunga yang dikenakan terlalu tinggi? atau kamu tergolong pengusaha cerdas yang menjauhi riba?

kamu bisa memakai tabungan untuk dijadikan modal usaha. Cara ini jauh lebih aman karena tidak berisiko berhutang. Namun kamu harus juga sabar untuk merintis jikalau dana tabungan yang kamu miliki tidak mencukupi untuk membuka usaha yang relatif besar

3 Jual Asset

Bila kamu memiliki aset seperti properti, kendaraan bermotor, emas maupun produk investasi yang menguntungkan, kamu bisa menjual atau menggadaikan secara syariah untuk digunakan sebagai modal usaha. Apabila nantinya usaha kamu berhasil balik modal dan punay profit lebih, kamu bisa membeli kembali aset yang telah dijual/digadaikan tadi. Bahkan bisa juga membeli yang lebih baik kulitasnya

4 Pinjaman dari teman atau Saudara

Alternatif cara lainnya adalah kamu bisa coba mendapatkan pinjaman modal usaha dari orang orang terdekat kamu. Misalnya dari saudara, teman atau jika memungkinkan dari angle investor.

Mendapatkan pinjaman modal usaha dari mereka jelas akan berbeda dengan pinjaman perbankan yang biasanya memiliki bunga yang tinggi - sebenarnya baik tinggi maupun rendah, tetap tergolong riba.

Singkatnya pinjaman dari teman atau saudara akan membantu kita memperoleh pinjaman modal usaha bebas riba bahkan pinjaman lunak.

5 Pinjaman dari P2P lending

Mungkin kamu sudah pernah dengan pinjaman P2P lending?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline